Infeksi Lambung Pada Anak

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak memang lebih rentan terhadap penyakit. Salah satu permasalahan penyakit yang akan kita bahas kali ini adalah infeksi lambung pada anak.

infeksi-lambung-pada-anak

Lalu apa yang menjadi faktor penyebab anak mudah terserang penyakit? Daya tahan tubuh yang rendah ternyata menjadi penyebab utamanya. Sebagai orang tua tentunya Anda harus mewaspadai anak Anda dari berbagai serangan penyakit, termasuk penyakit infeksi lambung.

Infeksi lambung merupakan sebuah kondsi dimana organ dalam atau lambung terinfeksi oleh bakteri yang bernama helycobacter pylori. Bakteri ini adalah bakteri yang tumbuh di saluran pencernaan yang berbentuk spiral dan dapat menyerang dinding lambung.

Selain infeksi bakteri H.pylori, infeksi lambung yang diderita anak juga dapat disebabkan oleh berbagai hal lainnya yaitu :

  • Makanan yang mengandung kadar asam tinggi
  • Makanan yang terlalu pedas
  • Efek samping dari OAINS seperti ibuprofen dan aspirin yang dikonsumsi langsung atau secara tidak langsung
  • dari ibu yang disalurkan melalui ASI.

Dalam banyak kasus infeksi lambung pada anak biasanya ditandai dengan gejala mual, pusing, menurunnya nafsu makan, menurunnya berat badan, wajah pucat, diare, muntah, sakit perut, dan demam. Adapun gejala berat yang menandakan infeksi lambung yaitu:

  1. Anak jarang buang air kecil
  2. Kulit keriput dan mata cekung
  3. Mengalami kantuk yang berlebihan bahkan rewel
  4. Merasa kehausan secara terus menerus
  5. Tangan dan kaki berubah warna
  6. Dehidrasi

Infeki lambung bukanlah penyakit dianggap sepele, karena penyakit ini merupakan gejala awal dari tukak lambung yang lebih berbahaya. Jika sudah terus dibiarkan maka cara menyembuhkan infeksi lambung akan lebih susah dan akan gejala semakin menjadi-jadi. Tak hanya itu beberapa komplikasi yang mungkin terjadi pun akan mengintai diantaranya kerusakan pada lapisan lambung, pendarahan lambung dan lambung bocor.

Infeksi lambung pada anak biasanya lebih paarh daripada orang dewasa, apalagi lambung anak lebih lemah dari orang dewasa. Maka dari itu jika anak Anda mengalami beberapa gejala yang telah dijelaskan sebelumnya, segeralah lakukan pengobatan secepat mungkin.

Anda juga perlu memperhatikan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak Anda. Berikut beberapa makanan yang dapat mengendalikan kondisi infeksi lambung dan mengurangi gejalanya, yaitu :

  • Makanan yang mengandung serat tinggi seperti apel, brokol, wortel dan kacang polong
  • Makanan rendah lemak seperti ikan, ayam dan dada kalkun
  • Makanan dengan tingkat keasaman yang rendah
  • Probiotik ssperti yogurt

Terapkan pola makan yang sehat dan tak lupa ajarkan anak untuk rutin berolahraga secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *