Pencegahan Polip Hidung

Polip hidung bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia, baik tua atau muda pun dapat terserang penyakit ini. Perlunya pencegahan polip hidung yang harus dilakukan sedini mungkin sangatlah penting. Mengingat penyakit ini dapat berbahaya dan mengganggu jalan pernafasan seseorang.

pencegahan-polip-hidung

Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya terkena polip hidung bahkan menganggapnya seperti gejala flu biasa yang membuat hidung tersumbat serta gatal. Polip hidung memang tidak berbahaya, namun dapat berbahaya jika kondisi yang ada malah dibiarkan tana penanganan dari dokter.

Pasalnya polip yang dibiarkan terus menerus akan dapat membahayakan diri karena polip dapat bertambah besar, yang berakibat pada kesulitan untuk bernafas. Untuk itu pentingnya mengetahui bagaimana cara menyembuhkan polip hidung dan pencegahannya agar tidak mengancam keselamatan jiwa kita.

Pencegahan Polip Hidung

1. Rajin mencuci hidung

Hidung merupakan salah satu organ penting bagi manusia untuk bernafas. Dalam rongga hidung terdapat bulu-bulu yang berguna untuk menyaring kotoran. Meski kotoran yang masuk ke dalam hidung akan tersaring oleh bulu-bulu di hidung, namun bukan berarti kita tidak perlu membersihkan bagian dalam hidung. Nah, dengan rajin membersihkan bagian dalam hidung maka risiko Anda terkena polip akan semakin kecil.

2. Sering melakukan latihan pernafasan

Dengan banyak menarik nafas dalam-dalam, risi Anda terhindar dari penyakit polip akan semakin besar. Biasakan tarik nafas dalam-dalam selama 2kali sehari mininal 10 menit. Tidak hanya dapat melepaskan stress, latihan pernafasan ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah Anda terkena polip hidung.

3. Biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

Ketika setelah memegang suatu benda, kita tidak sadar lalu memegang atau memasukan tangan ke lubang hidung karena merasa gatal. Hal tersebut tentunya akan membuat kuman yang ada di berbagai benda tersebut berpindah ke lubang hidung kita.

4. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel atau bayam juga baik untuk mencegah datangnya polip. Pasalnya vitamin A dapat membantu melindungi lapisan membran sinus dan juga melindungi kita dari radang kronis karena kandungan antioksidan didalamnya.

Vitamin C juga dikenal baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak makan makanan yang kaya akan vitamin C akan memperkecil resiko Anda terkena penyakit polip hidung. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang akan menetralkan kandungan radikal bebas dalam tubuh.

5. Jangan merokok atau menghirup asap rokok

Asap rokok ternyata dapat memicu munculnya polip karena dapat menimbulkan peradangan maupun iritasi pada sinus. Tidak hanya asap rokok, hindari juga menghirup bau dari zat kimia, debu maupun serbuk halus.

6. Menghindari makanan pemicu alergi

Mengonsumsi makanan yangdapat memicu alergi ternyata dapat mengakibatkan hidung menjadi tersumbat, yang kemudian menjadi awal munculnya polip. Sebaiknya hindari beberapa makanan tertentu yang bisa membuat Anda alergi, seperti telur, kacang kedelai, ataupun susu.

7. Menambahkan cabai rawit dalam menu makanan

Ternyata cabai rawit ini mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin E, antioksidan, beta karoten dan masih banyak lagi. Vitamin A dapat mencegah peradangan dalam hidung dan juga alergi, sedangan vitamin C serta antioksidan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3

Omega 3 dapat mengurangi peradangan hidung yang merupakan penyebab munculnya polip. Sering-seringlah mengonsumsi ikan salmon, sarden, atau makarel yang terbukti memiliki banyak kandungan omega 3 didalamnya. Jika Anda tidak menyukai ikan Anda dapat mengonsumsi kacang walnut, kacang kedelai atau bayam.

Demikian beberapa pencegahan polip hidung diatas yang bisa Anda lakukan untuk menghindari risiko terkena polip hidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *