Manfaat Kulit Manggis Untuk Gondok Beracun

Banyak dari masyarakat Indonesia yang menjadi penikmat buah manggis dan banyak juga dari mereka yang belum mengetahui bahwa kulit manggis mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan salah satunya manfaat kulit manggis untuk gondok beracun.

manfaat-kulit-manggis-untuk-gondok-beracun

Gondok adalah satu jenis penyakit kelenjar tiroid yakni kondisi dimana membengkaknya kelenjar tiroid yang terletak disekitar leher tepatnya leher bagian depan tepat dibawah jakun. Penyebabnya adalah tingginya kadar hormon tiroid yang dihasilkan atau bahkan sebaliknya yakni berkurangnya kadar hormon tiroid yang dihasilkan.

Tanda atau gejala penyakit gondok yang utama adalah timbulnya benjolan di leher yang akan terlihat menonjol sehingga bisa membuat penampilan tidak sempurna. Tidaknya itu, benjolan juga biasanya akan terasa cukup nyeri sehingga bisa mempengaruhi dan mengganggu aktivitias sehari-hari.

Penyakit gondok beracun termasuk penyakit yang lama untuk disembuhkan sehingga cara menyembuhkan gondok beracun ini memerlukan kesabaran dan ketekunan sampai proses pengobatan mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain melakukan pengobatan, untuk membantu proses penyembuhan penyakit gondok yang Anda derita, tidak ada salahnya Anda juga memanfaatkan kulit manggis sebagai penunjang penyembuhan gondok beracun Anda.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Gondok Beracun

Kulit buah manggis mempunyai khasiat yang sangat besar bahkan lebih berkhasiat dibandingkan dengan buahnya sendiri. Komponen aktif utama dari buah manggis disebut xanthones. Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan hanya dalam dua keluarga tanaman.

Senyawa xanthone ini merupakan substansi kimia alami yang kaya akan zat antioksidan, anti-radang, anti-inflamasi, anti-tumor, anti-kanker, anti-baktery, anti-virus,anti-jamur, dll. Tentu saja setelah mengetahui zat zat tersebut bisa dipastikan kulit manggis benar benar dapat membantu menyembuhkan penyakit gondok beracun.

Kulit manggis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang sangat berperan dalam pertahanan sistem imun tubuh. Vitamin ini akan senantiasa mengaktifkan kekebalan tubuh kita sehingga apabila ada kuman infeksi yang hendak menyerang, tubuh telah siaga untuk menghadangnya.

Menurut penelitian didalam kulit manggis terdapat kandungan antioksidan luar biasa yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini masuk melalui makanan yang dikonsumsi dan menjadi penyebab utama penyakit gondok beracun.

Anda bisa memanfaatkan kulit manggis dengan mengolahnya menjadi minuman yang dikonsumsi secara rutin. Caranya dengan mencuci bersih kulit 2 buah manggis, kemudian direbus dalam 4 gelas air. Masak hingga tinggal 2 gelas saja. Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari. Anda juga bisa mengolah jus buah manggis seperti membuat jus pada umumnya. Bila kurang manis, Anda bisa menambahkan madu.

Manfaat lain kulit manggis untuk kesehatan, diantaranya :

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Memperbaiki sel sel yang rusak
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Membantu meringankan penyakit wasir
  • Menurunkan kadar gula di darah
  • Memperbaiki kerusakan syaraf
  • Membantu menyembuhkan luka

Berbagai manfaat yang terkandung dikulit manggis memang tidak dapat dipungkiri sangat besar sekali, kulit manggis dapat menjadi obat alami yang paling ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *