Fungsi Kolagen Untuk Radang Sendi

Sudah tidak asing lagi jika kita mendengar bahwa kolagen itu sangat baik untuk kulit. Namun ternyata kolagen ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi radang sendi lho. Fungsi kolagen untuk radang sendi ini pun telah dibuktikan oleh berbagai penelitian para ahli.

Kolagen sendiri merupakan salah satu protein alami yang diproduksi tubuh. Dan biasanya tersimpan di otot, tulang, kulit, pembuluh darah, urat, dan sistem pencernaan. Kolagen memiliki fungsi yang sangat banyak bagi tubuh kita, diantaranya yaitu menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit, mencegah pengeroposan tulang dan menggantikan sel-sel kulit mati.

Jika Anda ingin meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh dan meningkatkan kesehatan Anda, maka Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan asupan kolagen setiap hari.

Fungsi Kolagen Untuk Radang Sendi

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menunjukan bahwa fungsi kolagen untuk mengurangi nyeri akibat radang sendi sangat efektif. Penelitian juga mencatat bahwa efek samping atau komplikasi dari cara menyembuhkan radang sendi dengan kolagen terbilang sangat minim.

Penelitian lain menunjukan, pasien osteoarthritis yang mengonsumsi kolagen dosis 480 miligram melaporkan rasa sakit karena nyeri sendi berkurang hingga 88 persen. Sedangkan pasien yang mengonsumsi kolagen dosis 640 miligram melaporkan rasa sakit berkurang sebanyak 91 persen. Ini artinya kolagen efektif untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis.

Mengonsumsi suplemen kolagen penting untuk sendi untuk melumas bantalan sendi dan meningkatkan mobiliitas sendi dan bahkan dapat mengurangi peradangan yang berkonstribusi terhadap nyeri sendi. Perannya dalam pertumbuhan sel baru juga mendukung perkembangan sel-sel penting dalam jaringan sendi yang mendukung nyamannya gerakan Anda.

Kolagen memang bukan jenis protein yang bisa didapat dengan mudah dari sumber pangan. Anda perlu mengonsumsi nutrisi tertentu guna memicu produksi kolagen dalam tubuh.Nutrisi yang diperlukan yaitu vitamin A, C, E, serta protein. Nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari sayur, buah, daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.

Asupan kolagen memang penting untuk kesehatan sendi, tapi mencegah sendi dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas juga sama pentingnya. Pencegahan dapat dilakukan dengan menambahkan minuman yang mengandung antioksidan seperti vitamin C ke dalam menu harian kita.

Tips Menjaga Kesehatan Sendi

  • Selalu menjag berat badan agar tetap ideal
  • Menjaga posisi atau postur tubuh yang baik
  • Hindari duduk dan berdiri terlalu lama
  • Selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga
  • Biasakan diri untuk berolahraga secara teratur
  • Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol
  • Menjaga asupan makanan yang sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *