Cemilan Sehat Untuk Penderita Maag Kronis

cemilan-sehat-untuk-penderita-maag-kronis

Memilih cemilan sehat untuk penderita maag kronis sangatlah penting. Karena jika kita salah memilih asupan makanan kondisi yang ada justru malah makin parah dan gejala yang ada akan semakin menganggu aktivitas Anda.

Berbicara mengenai cemilan, biasanya makanan seperti cemilan ini sering kita konsumsi pada saat bersantai sambil nonton tv ataupun sedang melakukan aktivitas lainnya. Ada banyak cemilan lezat yang bisa kita santap setiap hari. Namun, penderita maag kronis haruslah pintar dalam memilih cemilan yang satu ini jika tidak maka penyakit maag dapat kambuh lagi.

Cemilan tidak boleh asal masuk dan seenaknya saja tapi juga harus aman, hal ini mengingat saat maag kambuh pastinya Anda akan merasakan sakit perut melilit dan perih. Kondisi tersebut tentunya sangat menganggu utamanya jika terjadi pada saat yang tidak tepat, sudah pasti sangat menjengkelkan.

Cemilan Sehat Untuk Penderita Maag Kronis

1. Makanan Bertekstur Lembut

Makan atau cemilan bertekstur lembut bisa mengurangi rasa perih di lambung. Apalagi jika penyakit maag sudah kronis. Anda harus mengonsumsi makanan bertekstur lembut. Contoh makanan bertesktur lembut yang aman bahkan baik dikonsumsi oleh penderita maag adalah bubur, Oatmeal/seral, dan ketang tumbuk ( mashed potato ).

  • Bubur
    Jika pada saat sarapan mengonsumsi nasi malah membuat penyakit maag yang Anda derita kambuh maka pilihlah bubur sebagai menu sarapan Anda. Agar lebih terasa nikmat Anda bisa tambahkan telur rebus dan kecap. Namun ingat jangan menambahkan ayam ataupun jeroan mengingat makanan tersebut sulit dicerna oleh lambung.
  • Kentang Tumbuk
    Kentang bisa memberikan rasa kenyang yang cukup jika dikonsumsi karena mengandung karbohidrat. Kentang juga memiliki sifat menetralkan asam lambung.
  • Oatmeal/sereal
    Selain praktis, cemilan sehat ini bisa meredakan asam lambung yang sedang naik serta memiliki kandungan serat tinggi namun rendah lemak sodium.
  • Pisang
    Buah pisang mengandung kalium yang mampu menurunkan kadar keasaman berlebih pada lambung. Kadar keasaman berlebih ini merupakan salah satu pemicu sakit maag.
  • Pepaya
    Selain teksturnya yang lembut, pepaya juga mengandung zat papain yang bisa memperlancar proses pencernaan dan buang air besar.

2. Sari Kacang Hijau

Mengonsumsi sari kacang hijau sangat baik untuk kesehatan lambung karena mampu memelihara kinerja lambung serta mengatasi gangguan lambung. Makanan ini mempunyai kemampuan untuk membentuk lapisan-lapisan didalam lambung yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung.

3. Biskuit Jahe

Banyak penelitian yang menyatakan berbagai kandungan dalam jahe bisa membunuh beberapa virus penyebab terjadinya sakit maag. Anda bisa mmebuat cemilan sehat bagi penderita maag kronis dalam bentuk biskuit sesuai dengan keinginan.

4. Es Kelapa Muda

Konsumsi es kelapa muda juga bisa bermanfaat untuk mencegah maag kambuh. Selain dingin dan segar, es kelapa muda ini bisa menurunkan kadar keasaman pada lambung. Ini membuat sakit maag Anda tidak kambuh lagi. Selain itu es kelapa muda juga bisa menambah energi sehingga Anda bisa tampil lebih sehat dan semangat.

5. Puding Lidah Buaya

Perlu Anda ketahui, lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antibiotik dan pereda rasa sakit sehingga sangat cocok jadi cemilan sehat bagi penderita maag kronis.

6. Buah Alpukat

Kandungan gizi dan serat yang tinggi bermanfaat untuk kesehatan lambung. Selain untuk menjaga kesehatan lambung, alpukat juga bisa mengurangi kerusakan hati dan menghentikan virus hepatitis. Anda bisa mengonsumsi alpukat langsung setelah dikupas kulitnya dan dipotong-potong. Dibuat jus atau diparut dan diminum airnya.

7. Mangga & Semangka

Dalam kasus maag kedua buah ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan meminimalisir penumpukan cairan racun dalam lambung/usus.

Itulah beberapa makanan atau cemilan sehat untuk penderita maag kronis yang bisa Anda pilih sebagai pendukung untuk penyembuhan sakit maag. Cara menyembuhkan maag kronis sendiri yang utama adalah Anda harus menjauhkan diri dari makanan penyebab sakit maag. Selain itu juga menjaga pola makan yang sehat diimbangi dengan pengobatan yang dianjurkan oleh dokter.

Selain daripada itu Anda juga diharuskan untuk memperbanyak minum air putih, pastikan istirahat yang cukup, menghindari stress, olahraga secara rutin, dan menghindari konsumsi alkohol serta kafein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *