Bahaya Trigliserida Tinggi Pada Ibu Hamil

bahaya-trigliserida-tinggi-pada-ibu-hamil

Memiliki kadar trigliserida tinggi dalam tubuh sangatlah tidak baik, termasuk pada ibu hamil. Bahaya trigliserida tinggi pada ibu hamil ini memang perlu diwaspadai, jika tidak maka akan berpengaruh pada kondisi janin yang ada didalamnya.

Kehamilan merupakan salah satu perubahan fisik terbesar yang dialami oleh perempuan. Sejumlah perubahan luar biasa akan terjadi dalam tubuh dan hidup Anda. Ketika hamil, perempuan akan mengalami berbagai gejala perubahan normal dalam tubuh, seperti merasa lelah, mual, dan muntah.

Selama masa kehamilan, ibu hamil juga bisa mengalami beragam masalah yang dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin. Salah satu gangguan yang bisa menyerang selama masa kehamilan diantaranya adalah naiknya kadar trigliserida dalam tubuh.

Kadar trigliserida yang tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya obesitas atau kelebihan berat badan. Beberapa kelompok orang dinyatakan sangat rentan mengalami risiko peningkatan kadar trigliserida, diantaranya :

  • Wanita dewasa cenderung lebih berisiko dibandingkan dengan pria dewasa. Terlebih wanita dewasa yang sedang dalam masa kehamilan ataupun yang mengondumsi obat hormon esterogen.
  • Orang-orang yang memiliki berat badan lebih akibat pola makan yang tidak sehat.
  • Orang yang sebelumnya sudah memiliki penyakit jantung bahkan sebelum menginjak usia 50 tahun.

Bahaya Trigliserida Tinggi Pada Ibu Hamil

Sebuah studi pada 2010 mengungkapkan bahwa ibu hamil yang memiliki kadar trigliserida tinggi selama awal kehamilan atau trisemester pertama lebih memiliki resiko mengembangkan diabetes gestasional di banding dengan ibu hamil dengan kadar trigliserida normal.

Komplikasi lain dari trigliserida tinggi selama kehamilan adalah preeklamsia, suatu kondisi yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah dan penurunan fungsi ginjal. Memiliki preeklampsia dapat berarti penurunan aliran darah ke plasenta yang merupakan sumber utama nutrisi untuk bayi dalam kandungan Anda. Preeklamsia juga dapat menyebabkan kejang epilepsi dan penyakit kardiovaskular pada ibu.

Perlunya melakukan pemeriksaan kesehatan secara penting sangatlah penting, hal ini untuk mendeteksi ketidaknormalan yang terjadi didalam tubuh selama masa kehamilan. Namun jika Anda sudah terlanjur memiliki kadar trigliserida tinggi makan segeralah melakukan penanganan pada dokter.

Dokter biasanya akan melakukan berbagai cara menyembuhkan trigliserida tinggi dengan mengecek kadar trigliserida dalam darah terlebih dahulu. Selain melakukan pengobatan dokter juga akan menyarankan Anda untuk melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Tips Menjaga Kadar Trigliserida Tinggi Agar Tetap Normal

  1. Melakukan aktivitas fisik, dengan berolahraga secara teratur kurang lebih selama 30menit/hari.
  2. Menghindari makanan manis karena mengandung glukosa yang dapat menyebabkan terjadinya penimbunan lemak
  3. Memilih sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti ikan, alpukat susu rendah lemak dan sebagainya.
  4. Menghindari konsumsi alkohol dan kafein
  5. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *