Terapi Hernia

terapi-hernia

Banyak orang yang menganggap penyakit hernia bisa sembuh hanya dengan tindakan operasi saja. Namun sebenarnya Anda masih mungkin mengatasinya dengan berbagai cara lain salah satunya terapi hernia.

Terapi hernia ini sangatlah sederhana dan hanya mengandalkan bahan alami yang mudah didapatkan disekitar kita. Terapi hernia ini dilakukan sebagai cara menyembuhkan hernia tanpa operasi dan dipercaya sejak dulu sebagai pengobatan yang alami oleh nenek moyang kita.

Penyakit hernia sendiri disebabkan oleh melemahnya otot yang menyangga organ dan mengakibatkan organ yang disangga mencuat ke sisi yang tidak wajar. Hal ini diakibatkan oleh efek sentakan atau beban berlebihan yang datang mendadak pada otot penyangga. Kadang dipicu oleh efek sering mengangkat barang yang berat, efek konstipasi berkepanjangan, efek batuk terus menerus, atau efek obesitas.

Sekilas penyakit ini mungkin tidak membahayakan. Tapi ternyata efek dari hernia juga bisa mematikan. Bagian organ yang turun bisa menyebabkan terbentuknya abses atau iritasi serius yang sangat menyakitkan. Inflamasi inilah yang kemudian bisa berkembang menjadi inflamasi yang bukan saja menyakitkan, tetapi juga bisa mematikan.

Untuk menghindari penyakit hernia menjadi semakin parah, Anda juga harus memperhatikan apabila ada beberapa gejala yang dirasakan. Beberapa gejala tersebut ialah rasa nyeri di sekitar bawah perut , rasa tidak nyaman atau bahkan rasa sakit yang dapat dirasakan ketika ada hentakan di sekitar perut . Untuk kondisi yang lebih parah, Anda juga akan mengalami demam atau bahkan hingga muntah. Apabila telah mencapai tahap ini, maka penyakit hernia yang dialami dapat dikatakan telah sampai ke tahap yang cukup parah.

Ketika beberapa gejala awal muncul, Anda bisa melakukan beberapa gerakan tubuh yang untuk meringankan gejala yang bisa Anda coba, diantaranya :

  • Sujud dengan tangan di belakang

Posisi ini merupakan posisi yang paling bermanfaat untuk membant menyembuhan hernia. Posisi ini telah terbukti dapat menormalkan kondisi di sekitar perut Anda untuk menjadi normal seperti semula lagi.

  • Meluruskan kaki dalam keadaan telungkup

Posisi ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Petama-tama, Anda harus tidur telungkup. Setelah itu, letakkan kedua tangan Anda di bagian sisi tubuh Anda, sehingga dapat digunakan sebagai penahan tubuh Anda. Setelah Anda siap dengan posisi itu, maka Anda harus mengangkat kaki Anda secara perlahan hingga kaki Anda terangkat. Lakukan setinggi mungkin selagi Anda bisa. Apabila memungkinkan, Anda harus menahan posisi tersebut setidaknya 30 detik.

Gerakan ini ternyata dapat membantu mengembalikan posisi usus Anda yang masuk ke dalam organ vital Anda. Apabila Anda melakukannya dengan benar, maka Anda dapat merasakan manfaatnya setelah setidaknya 3 hari Anda melakukan latihan ini.

Nah, selain dengan melakukan kegiatan diatas, Anda juga bisa melakukan terapi hernia dengan menggunakan bahan alami. Terapi ini akan membantu mencegah terbentuknya abses dan berdarahan. Juga membantu memperbaiki kerusakan sel pada jaringan otot yang akan menyebabkan organ mencuat ke sisi yang tidak normal.

Terapi Hernia

1. Minyak Jarak

Biji jarak sudah lama dikenal sebagai salah satu material laksatif yang baik. Mengonsumsi minyak jarak akan membantu melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi konstipasi dengan sangat efektif. Selain memiliki manfaat sebagai anti konstipasi, ternyata minyak jarak juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu mengatasi perdarahan dan infeksi.Ini sangat penting untuk mencegah dan mengatasi inflamasi juga membantu memperbaiki kerusakan otot penyangga.

2. Lidah Buaya

Kandungan serat dan getah khasnya membantu melicinkan proses pembuangan feses dan melancarkan jalannya kotoran dalam usus. Selain itu dari sumber yang sama dijelaskan bahwa lidah buaya mengandung efek astringent, yang bekerja meredam efek nyeri, mengatasi efek merah dan bengkak yang lazim terjadi pada inflamasi. Juga mengandung sifat anti inflamasi dan kaya akan sejumlah komponen vitamin E yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi.

3. Jahe

Efek hangatnya membantu meredakan efek kembung yang kerap muncul pada pasien hernia. Padahal kembung yang terjadi akan menyebabkan efek tekanan dan memperburuk kondisi pasien hernia. Jahe juga memberi efek meredakan inflamasi pada perut. Terapi jahe baik dengan cara diminum maupun dengan mengoleskan air rebusannya pada area perut akan memberi manfaat meredakan efek nyeri dan membantu mempercepat proses penyembuhan inflamasi yang terjadi.

4. Kunyit

Kunyit diketahui memiliki dua kandungan utama, turmerik dan kurkuma yang keduanya sangat berperan dalam proses penyembuhan luka dan menetralisir kelebihan asam dalam usus. Juga sangat penting untuk membantu membersihkan toksin dalam usus yang kadang mengendap seiring dengan terganggunya pembuangan ketika hernia muncul.

Anda bisa memilih salah satu terapi hernia diatas. Namun Anda juga perlu mengimbanginya dengan menjaga aktivitas tubuh agar tidak memicu kambuhnya hernia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *