Pola Hidup Sehat Penderita Asma

Menjaga pola hidup sehat memang sangat penting sekali, jika Anda ingin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Termasuk bagi penyakit asma, selain melakukan pengobatan penderita juga harus bisa menerapkan pola hidup sehat penderita asma dalam kehidupannya. Agar kondisi yang ada tidak semakin parah dan bisa mempercepat penyembuhannya.

pola-hidup-sehat-penderita-asma

Penyakit asma bisa menyerang penderitanya kapanpun dan dimanapun. Terlebih lagi jika penderita memiliki alergi terhadap sesuatu maka penyakit asma akan lebih mudah menyerang dan lebih mudah kambuh. Oleh karena itu jangan sampai Anda biarkan, karena nantinya bisa menimbulkan penyakit asma akut yang lebih serius lagi. Nah, jika sudah dalam tahap akut, cara menyembuhkan asma pun akan semakin sulit. Oleh karena itu jika merasakan beberapa gejala dari penyakit asma, maka ada baiknya jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar tidak semakin parah.

Serangan penyakit asma yang mendadak memang membuat ketidaknyamanan bagi penderitanya. Namun, untuk mencegah kambuhnya sendiri ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat penderita asma yang bisa Anda lakukan di rumah.

Berikut beberapa pola hidup sehat penderita asma yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu :

  1. Mengonsumsi vitamin B12 dan mineral molybdenum secara teratur. Keduanya bermanfaat dalam membantu mempercepat metabolisme sulfit.
  2. Menghindari konsumsi makanan yang mengandung zat additive dan makanan cepat saji
  3. Perbanyak konsumsi makanan organik dan kurangi konsumsi karbohidrat.
  4. Menghindari kebiasaan merokok, polusi udara, dan allergen yang mungkin dapat memicu kambuhnya penyakit asma.
  5. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium
  6. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, yang berfungsi untuk mengurangi radikal bebas yang bisa memicu peradangan pada saluran pernafasan
  7. Olahraga secara teratur, seperti senam aerobic dan yoga. Sebelum melakukan olahraga jangan lupa untuk melakukan pemanasan minimal 10 menit.
  8. Mengonsumsi suplemen yang mengandung omega 3
  9. Menghindari makanan yang mengandung nitrit, nitrat dan sulfit seperti keju, hot dan bir.

Tak hanya itu, berjauhan dengan hewan peliharaan juga penting dilakukan untuk mengindari dampak dari bulu, debu dan bau kotoran atau urin hewan yang dapat memicu kambuhnya asma. Sebaiknya gunakan juga AC di rumah, untuk menjaga udara agar tetap bersih dan segar. Anda bisa memasang AC di kamar ataupun di ruang tengah.

Kemudian jika Anda hendak keluar rumah, sebaiknya gunakan masker dan membawa inhaler kemanapun pergi, terutama untuk tempat yang Anda kunjungi berdebu, polusi udara dan kering. Dengan melakukan pola hidup sehat penderita asma diatas Anda akan merasakan perubahan yang lebih baik dan lebih tenang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *