Makanan Penyebab Kista Ovarium

Jika ditanya, apakah makanan dapat menyebabkan kista ovarium? Sebenarnya tidak ada makanan penyebab kista ovarium. Makanan tidak berperan langsung terhadap pertumbuhan kista pada ovarium atau indung telur Anda. Namun, nutrisi dalam makanan itulah yang dapat berperan langsung dalam mempengaruhi fungsi ovarium dan hormon pada wanita.

Penelitian dalam International Journal of Community Based Nursing and Midwifery tahun 2016 pun menunjukkan bahwa wanita yang mempunyai kista memiliki jumlah asupan lemak yang lebih banyak daripada wanita yang tidak mempunyai kista.

Lemak dapat memengaruhi metabolisme hormon yang mempunyai dampak pada fungsi ovarium. Sehingga, sebagian besar wanita yang mempunyai kista ovarium mungkin juga mempunyai tubuh gemuk. Tubuh gemuk (obesitas) juga berhubungan dengan sindrom ovarium polikistik, di mana sindrom polikistik dapat menyebabkan kista ovarium.

Selain obesitas, sindrom ovarium polikistik juga berhubungan dengan diabetes. Wanita yang mempunyai diabetes mempunyai kemungkinan lebih tinggi untuk menderita sindrom ovarium polikistik, di mana juga meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan kista ovarium.

Bagi perempuan sendiri, penyakit kista ovarium menjadi sesuatu yang menakutkan, terlebih cara menyembuhkan kista ovarium sendiri ini cukup sulit dan memerlukan tindakan operasi. Tentu akan membuat penderitanya menjadi semakin tak yakin untuk sembuh.

Penyakit ini juga berpotensi menyebabkan kemandulan dan kesulitan mempunyai keturunan. Namun tak perlu khawatir. Sebaiknya anda mengurangi atau bahkan menghindari beberapa makanan berikut, supaya resiko terkena penyakit kista semakin terminimalisir.

Makanan Penyebab Kista Ovarium

makanan-penyebab-kista-ovarium

1. Jenis Sayuran (Tauge, Sawit Putih, Kangkung, Santan dan Cabai)

Sebetulnya sayuran seperti tauge, kangkung, dan cabai tidak terlalu menimbulkan resiko terkena kista ovarium jika dikonsumsi dalam batas wajar. Namun beda ceritanya jika halnya Anda terlalu sering mengonsumsi dalam jumlah banyak. Karena jenis sayuran tersebut disinyalir mampu mendorong sel-sel tubuh yang abnormal seperti halnya kista ovarium.

2. Buah-buahan (Duku, Nanas, Durian)

Walaupun buah bagus untuk kesehatan, tetapi beberapa buah jenis ini tidak disarankan terlalu banyak dalam hal mengkonsumsinya, khususnya bagi wanita. Jenis, buah seperti duku, nanas, dan durian memiliki kadar asam dan senyawa enzim bromelain yang diduga dapat melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi.

Sehingga buah tersebut sangat dilarang bagi ibu hamil. Selain itu jika terlalu banyak mengkonsumsi diluar hamil menyebabkan terganggunya organ rahim yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit kista ovarium.

3. Daging merah / Daging Sapi

Daging memang baik untuk kesehatan karena mengandung banyak protein dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ada suatu permasalahan jika terlalu banyak mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing, sampai babi. Karena tergolong jenis daging yang banyak mengandung lemak jenuh, sehingga selain membuat Anda terkena kista, juga bisa membuat gemuk tubuh Anda.

4. Junk food / Makanan Cepat Saji

Makanan ini disinyalir mengandung lemak tinggi, rendah gizi, dan sedikit nutrisi seperti, gorengan, jeroan, burger, pizza. snack dan makanan siap saji lainya. Selain dapat menimbulkan kista junkfood juga tidak baik untuk penderita tekanan darah tinggi, dan riwayat penyakit jantung bengkak, bahkan untuk penderita diabetes.

5. Minuman Beralkohol & Minuma Bersoda

Alkohol dan soda merupakan senyawa antiseptik untuk membantu membersihkan luka tubuh bagian luar. Namun, jika halnya zat alkohol ini masuk ke dalam tubuh manusia, dapat menyebabkan luka dan khusunya bagi wanita dapat menyebabkan iritasi pada organ rahim.

6. Seafood

Dibalik rasanya yang lezat tiada tara ternyata seafood juga mempunyai efek samping yang tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan, terutama bagi Anda penderita kista.

Anda mau tidak mau harus menghindari jenis makanan laut ini karena makanan laut memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat memicu terjadinya pertumbuhan kista lebih cepat, sehingga harus Anda hindari jika ingin benar-benar terbebas dari kista.

Demikian beberapa makanan penyebab kista ovarium. Kista memang penyakit yang membahayakan untuk wanita sehingga Anda sebaiknya lebih berhati-hati dan jaga kondisi kesehatan Anda masing-masing dengan pola hidup sehat serta memperhatikan setiap makanan yang akan kita makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *