Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Jangan sepelekan ketika Anda mengalami keluhan nyeri dada sebelah kiri. Pasalnya sebagian orang akan berfikir bahwa keluhan yang mereka alami ada kaitannya dengan penyakit jantung. Namun sebenarnya penyebab nyeri dada sebelah kiri itu sendiri bisa saja diakibatkan oleh kondisi penyakit lain yang lebih serius lagi.

penyebab-nyeri-dada-sebelah-kiri

Nyeri Dada Sebelah Kiri Akibat Penyakit Jantung

Dalam beberapa kasus nyeri dada sebela kiri karena penyakit jantung biasanya disertai dengan gejala lainnya. Nyeri dada sebelah kiri yang dirasakan biasanya seperti rasa tertekan, rasanya dada sepertti diperas-peras, atau rasa penuh di dalam rongga dada. Dalam beberapa kasus, selain nyeri dada sebelah kiri, juga muncul sensasi terbakar di dada, lengan kiri terkadang mati rasa, nyeri, dan terasa seperti ditusuk-tusuk atau sensasi lainnya. Lengan juga mungkin merasa lemah, pegal atau tiba-tiba merasa lebih berat dari biasanya.

Jika serangan jantung akan muncul, bisa juga didahului dengan tiba-tiba merasa sesak napas. Kelelahan yang tidak biasa dan mungkin mulai merasa pusing. Banyak juga yang mengalami keringat dingin. Rasa sakit dada sebelah kiri mungkin juga mulai menjalar ke punggung.

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri Lainnya

1. Permasalahan usus

Terkadang permasalahan pada usus juga dapat menyebabkan nyeri dada. Gas berlebih menekan melalui usus menyebabkan nyeri pada dada sebelah kiri. Mulas dan panas lambung juga dapat menyebabkan nyeri dada ketika gejala kambuh.

2. Masalah pada paru-paru

Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di sekitar paru (pleuritis). Salah satu gejala yang dapat terjadi adalah sakit dada di sebelah kiri yang makin terasa saat bernapas dan diiringi dengan batuk atau napas yang terengah-engah.

3. Stres

Tidak hanya gangguan fisik, stres juga dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan rasa sesak. Kondisi ini dapat diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol berlebihan. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan tepat, dapat mengarah pada penyakit jantung.

4. Cedera

Cedera pada dada, seperti otot yang meregang atau saraf yang tertekan dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Rasa sakit akibat saraf yang tertekan juga dapat menyebabkan mati rasa pada lengan yang sering kali disalahartikan sebagai serangan jantung.

Itulah beberapa penyebab nyeri dada sebelah kiri. Jika Anda mengalami gejala nyeri dada sebelah kiri, jangan dulu menduga bahwa Anda terkena penyakit jantung. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Jika sudah benar-benar didiagnosa akibat penyakit tertentu segera lakukan penanganan dengan cepat.

Biasanya dokter akan mencari cara menyembuhkan nyeri dada tersebut dengan menanyakan gejala lain yang menyertai terlebih dahulu. Untuk pertolongan pertama sendiri di rumah Anda bisa berbaring di tempat tidur dan mengambil napas pendek-pendek hingga napas Anda menjadi tenang. Minumlah segelas air, jika itu membuat Anda tenang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *