Olahraga Penyembuh Varikokel

Gejala varikokel memang dapat membuat ketidaknyamanan bagi penderitanya. Akibatnya aktivitas harianpun menjadi terganggu. Namun bukan berarti Anda harus diam saja tanpa melakukan aktivitas fisik kegiatan olahraga pun penting dilakukan. Nah, pasalnya ada beberapa olahraga penyembuh varikokel yang bisa Anda lakukan dengan rutin untuk mengatasi varikokel Anda.

Penyakit varikokel adalah sebuah kondisi medis dimana telahterjadinya pembengkakan pada pembuluh vena didalam kantong zakar (skotrum) . Kondisi ini dapat memicu munculnya gejala yang khas berupa ketidak nyamanan ataupun rasa nyeri pada bagian sekitar testis.

Penyebab varikokel bisa menyerang karena adanya kelainan pada pembuluh vena sehingga terjadi penumpukan darah dan akhirnya terjadilah pembengkakan pada testis. Saat anda mengalami sakit pada kantung zakar ketika berdiri atau ketika setelah melakukan aktifitas fisik berat yang dengan waktu yang lama ini merupakan salah satu gejala anda terkena serangan penyakit varikokel.

Perlu anda ketahui , jika kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja ini bisa memicu munculnya bahaya / komplikasi dengan penyakit lain . Dalam beberapa kasus penyakit varikokel bisa memicu komplikasi dengan terjadinya peradangan pada kantung penis , resiko terkena penyakit lain tinggi , pembengkakan semakin besar dan yang paling parah bisa menyebabkan kemandulan.

Nah maka dari itu sangat disarankan bagi anda untuk sesegera mungkin melakukan pengobatan , terdapat banyak cara menyembuhkan varikokel yang bisa anda coba . Yang mana salah satunya bisa dengan menggunakan cara medis atau bisa juga dengan cara tradisional . Selain dengan melakukan pengobatan , untuk mengobati penyakit varikokel anda bisa juga dengan melakukan olahraga.

Olahraga Penyembuh Varikokel

Jenis olahraga yang dipercaya efektif dalam membantu penyembuhan varikokel tersebut adalah dengan melakukan beberapa gerakan yoga. Terdapat beberapa jenis gerakan yoga yang bisa anda lakukan, yaitu :

1. Posisi Lotus (Pernafasan)

olahraga-penyembuh-varikokel

Lotus memang merupakan salah satu yang paling populer. Meskipun menjadi posisi dasar, melakukan Lotus Pose dalam yoga bukan hal yang mudah. Dengan melakukan gerakan ini dipercaya mampu membantu tubuh dalam mengurangi stress.

Selain mengurangi tingkat stres , gerakan inipun bagus bagi pencernaan , melancarkan peredaran darah , meredakan ketegangan , mengeluarkan racun hingga mampu merangsang pembuluh darah usus.

Saat Anda memiliki waktu untuk menjalani pernafasan Anda bisa melakukanya namun harus dengan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 30 sampai 45 menit setiap harinya. Anda harus meluangkan waktu entah bangun tidur ataupun sebelum bangun tidur. Secara ilmiah jika anda ingin melakukan tehnik pernafasan sebaiknya lakukan pagi hari atau sebelum waktu fajar tiba. Ini perlu Anda latih karena pada saat waktu tersebut udara masih sangat bersih dan Anda bisa melakukanya dengan waktu yang lama.

2. Happy Baby Pose

olahraga-penyembuh-varikokel

Gerakan yoga kedua yang termasuk kedalam olahraga penyembuh varikokel adalah gerakan happy baby pose . Gerakan happy baby pose sangatlah mudah , Anda cukup menirukan gerakan bayi yang sedang gembira.

Dengan melipat telapak kaki ke arah dada sembari berbaring, Anda membantu peredaran darah ke arah kelamin dengan lebih baik. Sehingga pembuluh darah yang semula membesar pun akan kembali ke ukuran normal. Lakukan gerakan ini setiap malam sebelum tidur selama 30 detik .

3. Posisi Up Dog Yoga

olahraga-penyembuh-varikokel

Up Dog Yoga dilakukan dengan cara mengangkat tubuh bagian depan dengan tangan serta telapak kaki menjadi penahan. Pastikan telapak kaki depan sejajar dengan lantai sedangkan kepala serta leher mendongak ke atas. Gerakan yoga satu ini cukup dilakukan selama 30 detik setiap hari sebelum beraktifitas untuk meringankan gejala pembesaran pembuluh darah di kantong buah zakar.

Up Dog yoga mampu melancarkan aliran darah ke bagian kelamin. Sehingga pembuluh darah yang semula membesar bisa kembali normal. Latihan ini juga dapat menggerakan rongga perut dan memperbaiki pembungkungan pada punggung.

Itulah beberpa jenis olahraga penyembuh varikokel yang bisa Anda lakukan di rumah. Tak hanya untuk mengobati, gerakan yoga di atas juga menjadi olahraga yang tepat untuk mencegah penyakit varikokel. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *