Yogurt Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jika umumnya yogurt dikenal mampu melancarkan pencernaan, ternyata yogurt menawarkan manfaat lain yang baik untuk tubuh, salah satunya manfaat yogurt untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda.

yogurt-untuk-menurunkan-kolesterol-tinggi

Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan kenyal. Saat ini banyak varian yogurt dengan tambahan buah-buahan,sehingga tidak hanya manfaat yogurt yang diperoleh namun manfaat buah-buahan sebagai pelengkapnya juga didapatkan.

Yogurt adalah sumber signifikan dari kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yogurt juga mengandung vitamin B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. Sifat anti jamur dan antibakteri yang dimiliki yogurt juga membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak pembersih alami dan menyingkirkan ketombe.

Penelitian menyatakan bahwa yogurt ternyata dapat mempengaruhi tekanan darah serta kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Mengonsumsi yogurt dinilai dapat menciptakan metabolisme yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi serta menjaaga kadar kolesterol normal. Orang-orang yang cenderung sering mengonsumsi yogurt memiliki tingkat indeks masa tubuh yang relatif rendah. Selain itu, kadar trigliserida, glukosa atau kadar gula di dalam darah-nya pun juga rendah. Yogurt ternyata juga mampu meningkatkan kadar HDL (high density lipoproteins) di dalam tubuh Anda.

Yogurt menjadi sebuah probiotik populer yang dapat dijadikan sebagai cara menyembuhkan kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda dengan alami. Namun, tidak semua jenis yogurt memiliki efek yang sama pada kadar kolesterol. Sebelum hendak membeli yogurt ada baiknya Anda mengetahui kriteria apa yang harus dimiliki oleh yogurt yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Tips Memilih Yogurt Yang Baik Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Memeriksa kadar kandungan gula

Jangan terpaku pada jumlah angka gram yang biasa tertera pada label kemasan produk. Gula yang terkandung di dalam yogurt biasanya berasal dari gula pasir. Selain itu gula juga dapat berasal dari bahan-bahan seperti laktosa atau fruktosa. Sebaiknya jauhi produk yang mencantumkan gula pada pilihan pertama atau kedua yang tertera di dalam label bahan-bahan.

2. Rendah lemak belum tentu rendah kalori

Perlu diingat bahwa produk tanpa lemak tidak selalu menyatakan bahwa produk tersebut juga rendah kalori. Sebenarnya banyak yogurt non fat yang memiliki kandungan gula didalamnya. Oleh karena itu pilihlah produk yogurt yang memiliki kandungan sedikit gula atau rasa manis yang berasal dari buah.

3. Waspada terhadap kandungan buah palsu

Tidak sedikit terdapat jenis atau merk yang menggunakan buah palsu atau juga hanya berupa ekstrak dan esens dari buah. Telitilah sebelum hendak membeli dan cek label kemasan yang mengandung potongan buah asli.

4. Memiliki kandungan kalsium

Salah satu sumber kalsium yang baik adalah yogurt. Oleh karena itu pilihlah produk yang mengandung 15-35 persen kalsium setiap harinya

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari mengonsumsi yogurt untuk menurunkan kolesterol, pastikan bahwa yogurt Anda mengandung bakteri lactobacillus acidophilus La5 dan bifidobacterium lactis Bb12. Selain menurunkan kolesterol, mengonsumsi yogurt dua kali sehari juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *