Manfaat Cacing Tanah Untuk Tipes

Mungkin bagi sebagian orang cacing tanah ini adalah hewan yang menjijikan, namun dibalik hal itu ada banyak manfaat yang bisa didapat dari cacing tanah ini. Salah satunya manfaat cacing tanah untuk tipes.

manfaat-cacing-tanah-untuk-tipes

Tifus atau juga disebut typus dan lebih dikenal dengan sebutan tipes adalah penyakit demam tinggi yang apabila tidak ditangani dan diobati secara serius dapat mengakibatkan pada kondisi tubuh yang melemah dan semakin parah hingga berdampak pada kematian. Oleh karenanya jangan sekali-kali meremehkan penyakit ini dan segeralah periksa ke dokter jika merasakan gejala-gejala tifus seperti demam mencapai 40⁰C, sakit kepala, tidak nafsu makan, lemas, diare, bintik-bintik merah pada kulit, dan mulai hilang fokus.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Tipes

Mengapa cacing tanah sangat bermanfaat untuk tipes? Karena cacing tanah ini bisa menyembuhkan demam tipes yang parah dan membantu penyembuhan atau pemulihan, serta melancarkan sistem pencernaan. Maka tak jarang banyak sebagian masyarakat yang sering memanfaatkan cacing tanah sebagai cara menyembuhkan tipes dengan alami.

1. Memiliki Antibakteri

Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa adanya zat antibakteri yang terkandung dalam protein hasil ekstrasi daging cacing tanah yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif escherichia coli, shigella dysenterica, staphylococcus aureus dan salmonella thypi. Kesemua dari bakteri tersebut adalah sangat memiliki potensi untuk mengganggu kesehatan manusia, termasuk disentri dan tipes.

2. Tinggi Protein

Cacing tanah juga mengandung protein dan asam amino tinggi. Salah satunya, cacing lumbricus rubellus diketahui mengandung kadar protein yang sangat tinggi rata-rata sekitar 76%. Konsentrasi protein ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging mamalia yang rata-rata hanya 65% dan ikan hanya mengandung protein rata-rata 50%

Itulah beberapa manfaat cacing tanah untuk tipes. Selain itu ada juga manfaat lain cacing tanah untuk kesehatan tubuh diantaranya, yaitu :

  • Melancarkan sirkulasi darah.
    Cacing tanah mengandung enzim yang mampu menghancurkan lemak jahat yang menyumbat peredaran darah, sehingga sistem peredaran darahpun menjadi lancar.
  • Mengobati diare
    Salah satu penyebab adanya diare yaitu akibat bakteri shigella dan e. coli. Nah, cacing tanah ini sangat bagus karena mengandung antibakteri yang sangat baik untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya diare tersebut.
  • Menenangkan syaraf
    Cacing tanah mengandung pheretima yang dapat mempengaruhi sistem saraf manusia. Dengan demikian saraf akan lebih merasa tenag, kejang-kejang dapat terhenti dan rasa sakitpun berkurang.
  • Meningkatkan stamina.
    Taurin yang terdapat dalam cacing tanah mampu meningkatkan metabolisme yang akan meningkatkan stamina tubuh, efek yang satu ini akan dirasakan bagi siapapun apalagi wanita yang sedang diet.
  • Antipiretik. Nitrogen yang terdapat pada cacing tanah mampu mengurangi demam yang sangat tinggi.
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengobati infeksi saluran pencernaan yang disebabkan typus, disentri, diare, dan gangguan perut lainnya seperti sakit maag.
  • Mengobati penyakit seperti infeksi saluran pernapasan: batuk, asma, influenza, bronchitis dan TBC
  • Mengurangi rasa sakit karena kelelahan atau karena rematik
  • Menurunkan kadar gula darah diabetes
  • Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan penyakit

Itulah manfaat cacing tanah untuk tipes. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *