Makanan Pencegah Penyakit Kelenjar Getah Bening

makanan-pencegah-penyakit-kelenjar-getah-bening

Setiap orang tentunya ingin terhindar dari beberapa masalah kesehatan atau segala penyakit, termasuk penyakit kelenjar getah bening. Nah, salah satu cara mencegah penyakit ini ada baiknya Anda mengonsumsi makanan pencegah penyakit kelenjar getah bening. Pencegahan dilakukan agar kita terhindar dari beberapa resiko bahaya yang akan mengintai dari penyakit kelenjar getah bening ini.

Penyakit kelenjar getah bening sangat berbahaya dan dapat dengan mudah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Cara menyembuhkan kelenjar getah bening inipun tidak mudah, harus memerlukan perawatan yang tepat dan membutuhkan biaya yang besar.

Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, kelenjar getah bening juga bisa atau bahkan sering mengalami gangguan, salahsatunya penyakit kelenjar getah bening. Ini terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal dalam kelenjar.

Kelenjar getah bening merupakan salah satu organ dari sistem kekebalan tubuh yang sangat penting, oleh karena itu jika kelenjar getah bening yang ada di tubuh mengalami gangguan tentu akan semakin meningkatkan risiko Anda untuk terserang penyakit serius yang berhubungan dengan kelenjar getah bening, di antaranya yakni hipertiroid, gondok, limfoma, dll.

Seperti yang telah diketahui, penyebab penyakit ini adalah akibat dari menurunnya sistem kekebalan tubuh, maka dari jika Anda tidak ingin penyakit ini menimpa Anda ada baiknya melakukan pencegahan sedini mungkin dengan mengonsumsi makanan pencegah penyakit kelenjar getah bening berikut ini.

Makanan Pencegah Penyakit Kelenjar Getah Bening

1. Bawang Putih

Selain baik untuk menurunkan darah tinggi, bawang putih juga ternyata efektif untuk membantu mencegah penyakit kelenjar getah bening. Didalamnya terkandung senyawa sulfur alami yang bisa menghilangkan jenis sel yang akan tubuh menjadi kanker. Bawang putih bisa membantu proses apoptosis, yakni proses perlawanan sel sehat dalam tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

2. Kiwi

Kiwi mengandung beberapa sumber nutrisi yang bisa mencegah semua jenis sel penyebab kanker, radikal bebas dan juga menguatkan sistem pertahanan tubuh dari infeksi virus dan bakteri. Nutrisi yang terdapat pada kiwi seperti vitamin C, vitamin E, tembaga dan lutein sangat ampuh mencegah penyakit kelenjar getah bening. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah kiwi sebagai pencegah kanker adalah dengan makan sebagai buah camilah. Hindari konsumsu jus kiwi karena proses yang mungkin bisa menghancurkan nutrisi buah kiwi.

3. Artichoke

Sayuran ini memiliki kandungan senyawa silimarin yang dapat menjadi antioksidan super yang sangat efektif dalam mencegah kanker, termasuk kelenjar getah bening. Cara mengolahnya adalah dengan mengambil bagian dalam sayuran artichoke lalu diiris tipis-tipis setelah itu direbus selama 30 menit. Konsumsi dalam kondisi hangat agar antioksidannya dapat lebih maksimal.

4. Kacang Almond

Kacang Almond mengandung zat fosfor tinggi yang bisa berkombinasi dengan zat besi sehingga menjadi zat aktif dalam tubuh yang mampu mencegah dan melawan sel kanker. Tidak hanya itu kacang almond juga mengandung kalsium tinggi yang mampu memblok sel kanker serta mengandung biotin yang bisa memerangi sel tidak normal penyebab awal penyakit kelenjar getah bening.

5. Anggur Merah

Salah satu makanan pencegah penyakit kelenjar getah bening selanjutnya yakni anggur merah, dimana buah anggur ini memiliki senyawa Resveratol yang bisa mencegah sel kanker menggerogoti tubuh anda. Selain itu, kandungan vitamin C bisa meningkatkan kesehatan pada tubuh anda, buah anggur juga mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung senyawa oleocanthal yang bisa melawan pembentukan kanker dan tidak menyebabkan kerusakan bagi sel sehat. Oleochantal dalam minyak zaitun bisa menjadi agen lisosom yang berfungsi untuk mematikan sel kanker. Sedangkan kandungan Lisosom dalam minyak zaitun juga mampu melepaskan sebuah protein khusus yang benar-benar bisa membunuh semua sel kanker.

7. Brokoli

Brokoli termasuk salah satu makanan yang paling efektif untuk mencegah penyakit kanker kelenjar getah bening karena mengandung senyawa glukosinolat yang bisa mencegah dan mengatasi kanker.Untuk mencegah kansungan glukosinolat hilang makan sebaiknya anda mengukus atau merebus brokoli menggunakan api kecil dalam waktu yang tidak lama dalam pengolahannya.

Itulah beberapa makanan pencegah penyakit kelenjar getah bening yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Namun tidak hanya cukup mengonsumsi makanan ini saja, tindakan pencegahan juga perlu diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Diantaranya :

  • Rutin berolahraga. Berolah raga adalah salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mencegah hinggapnya berbagai penyakit pada tubuh, termasuk berbagai penyakit yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening
  • Istirahat cukup. Istirahat akan membantu mengembalikan kebugaran tubuh serta membantu proses regenerasi sel. Karena itu, cukupilah kebutuhan istirahat Anda dengan tidur selama 6 sampai 8 jam per hari.
  • Jangan merokok dan mengkonsumsi alkohol. Rokok mengandung banyak toksin yang terbukti mampu memicu munculnya berbagai penyakit, salah satunya kanker. Selain itu, minuman beralkohol juga harus Anda hindari jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan.
  • Cukupi kebutuhan cairan. Usahakan agar Anda mengkonsumsi air putih 1,5 sampai 2 liter setiap harinya.
  • Perhatikan asupan nutrisi. Apapun jenis makanan yang Anda konsumsi, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui jenis nutrisi apa saja yang terkandung dalam makanan. Usahakan agar kebutuhan nutrisi harian selalu tercukupi.

Kesimpulannya adalah bahwa tindakan pencegahan sangat penting dilakukan sedini mungkin. Disamping Anda menerapkan pola hidup sehat , bila diperlukan Anda juga bisa melakukan pemeriksaan medis secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *