Buah Pencegah Gagal Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia. Maka dari itu organ ini rentan terkena gangguan penyakit jika kita tidak bisa menjaga fungsinya dengan baik. Jika tidak ingin hal itu terjadi, ada baiknya kita melakukan pencegahan dengan kebiasaan mengonsumsi buah pencegah gagal ginjal agar ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

buah-pencegah-gagal-ginjal

Semua orang tentunya ingin memiliki ginjal yang sehat dan terbebas dari yang namanya penyakit gagal ginjal. Baik orang muda atau dewasa, semuanya berpotensi untuk mengalami masalah ginjal. Hal itulah yang menyebabkan semua orang untuk terus rajin dan mau mengawasi kesehatan ginjalnya.

Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang sangat membahayakan bagi tubuh kita. Jika sudah terlanjur terkena gagal ginjal maka besar kemungkinan hidup Anda tidak akan sama dengan sebelumnya. Ketika ini terjadi maka yang perlu Anda lakukan adalah bertahan hidup dan berusaha sebisa mungkin mencari cara menyembuhkan gagal ginjal Anda secara perlahan.

Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Nah, seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Mencegah gagal ginjal sendiri dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi buah pencegah gagal ginjal serta menjaga pola hidup yang sehat.

Buah Pencegah Gagal Ginjal Yang Baik Untuk Dikonsumsi

1. Semangka

Buah ini mengandung nutrisi yang unik seperti vitamin, mineral dan senyawa organik. Semangka juga mengandung banyak kalium, yang sangat membantu membersihkan atau mencuci keluar deposisi beracun dalam ginjal. Selain itu juga akan sangat membantu dalam mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembntukan batu ginjal di organ itu.

2. Apel

Buah apel memang banyak digemari oleh kebanyakan orang. Selain rasanya yang enak, buah apel memiliki khasiat dan juga manfaat untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit. Buah apel dapat dikonsumsi dalam segala bentuk seperti mentah, digoreng atau di jus. Buah ini adalah sumber pektin yang paling bagus, pektin adalah jenis serat yang mudah larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan glukosa.

Kulit buah apel juga tinggi serat, oleh karena itu jangan mengupas kulit apel sebelum dimakan karena sumber serat paling tinggi berada di bagian kulit. Buah yang tinggi antioksidan ini dianggap bagus untuk kesehatan ginjal, dan mampu melindungi sel-sel otak.

3. Anggur

Dibalik manisnya rasa anggur, ternyata juga tersimpan banyak khasiat khusunya bagi kesehatan ginjal. Hal ini karena buah anggur memiliki sifat alkaline forming yang bisa meningkatkan fungsi ginjal dan kinerja ginjal. Dengan mengonsumsi buah anggur secara rutin dapat bermanfaat untuk membuang zat asam pada ginjal, sehingga kesehatan ginjal akan terjaga dan mengurangi resiko terganggunya pada tekananan ginjal.

4. Jeruk

Keluarga buah jeruk seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, bila dikonsumsi dalam bentuk jus buah maka dapat meningkatkn volume cairan urin sehingga dapat melarutkan substansi pembentuk batu. Kandungan asam sitrat dalam buah ini juga memberikan efek pencegahan tambahan. Asam sitrat mengikat kalsium didalam urin sehingga tidak bertumpuk menjadi batu.

5. Pepaya

Dalam mencegah dan mengatasi gagal ginjal, ternyata bagian dari biji pepaya inilah yang berperan penting. Biji pepaya mengandung alkaloid, tanin, atharaquinones, saponin, anthocyanosides dan flavonoid, semua kandungan tersebut mempunyai keunggulan sendiri dan tentunya sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah pada ginjal.

6. Alpukat

Buah pencegah gagal ginjal ini sangat kaya akan kandungan asam folatnya. Banyak yang berfikir bahwa buah alpukat kurang baik karena kandungan lemaknya yang dapat mencapai 25/35x lebih banyak dari buah-buahan yang lain. Padahal lemak tersebut adalah lemak baik.

Selain itu, alpukat juga mengandung omega3, vitamin A,B,C,D dan EK yang dapat membantu memperbaiki ginjal yang rusak dan menjaga ginjal tetap sehat.

7. Pisang

Buah ini merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan karena dapat membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor, yang berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin c juga kalium. Konsumsi buah pisang ini dapat membantu menjaga kesehatan ginjal

8. Strawberry

Buah ini mengandung provitamin A, C, B, potassium, asam ellagic serta folat. Buah ini mempunyai kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan menyimpan nutrisi yang luar biasa serta rendah kalori.

Itulah beberapa buah pencegah gagal gnjal yang baik untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *