Vitamin Untuk Radang Usus

Vitamin untuk radang usus yang baik berasal dari makanan yang memiliki kandungan bersifat anti-inflamasi atau anti radang, hal ini bertujuan untuk mengurangi peradangan yang terjadi agar tidak semakin parah/memburuk.

Radang usus adalah penyakit jangak panjang dengan gejala yang biasanya muncul dan menghilang selama beberapa waktu. Tingkat keparahan gejala yang muncul tergantung pada bagian mana saja yang mengalami peradangan. Beberapa gejala yang umumnya terjadi adalah nyeri atau sakit pada bagian perut, nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, diare berdarah, mual dan demam.

Dengan demikian maka penderita radang usus sangat dianjurkan untuk melakukan tindakan cepat dalam melawan radang usus. Salah satu upaya untuk melawan radang usus yang bisa dilakukan adalah dengan memenuhi asupan vitamin yang cukup.

Vitamin Untuk Radang Usus

  • Vitamin D
vitamin-untuk-radang-usus

Hampir 70% penderita radang usus dianggap kekurangan vitamin D. Vitamin ini dikenal sebagai salah satu nutrisi yang paling diperlukan untuk tulang yang sehat bersama dengan kalsium. Ini akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium untuk tulang yang kuat, tetapi orang-orang penderita radang usus sering tidak mendapatkan cukup vitamin ini. Kecukupan gizi yang dianjurkan untuk suplemen vitamin D adalah 800 I.U/hari.

  • Vitamin A, E dan K
vitamin-untuk-radang-usus

Vitamin ini adalah vitamin yang larut dalam lemak. Penderita penyakit radang usus akan mengalami kesulitan menyerap lemak akibat dari kekurangan vitamin ini. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan selaput lendir. Hal ini juga membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta sistem kekebalan tubuh. Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi dinding sel Anda. Sementara vitamin K membantu pembekuan darah.

  • Vitamin B12
vitamin-untuk-radang-usus

Jika Anda sudah menjalani operasi di bagian bawah usus kecil, Anda mungkin tidak menyerap cukup vitamin ini. Bagian bawah usus kecil disebut terminal ileum. Di bagian dari usus diangkat, ini dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 diproduksi dan disimpan didalam tubuh. Kurang vitamin B12 dapat menyebabkan anemia karena membantu menciptakan sel darah. Vitamin B12 ini juga memainkan peran penting bagi fungsi sistem saraf pusat.

Anda bisa mendapatkan vitamin-vitamin tersebut dari sumber makanan berikut ini :

  1. Vitamin B-12 : Daging, unggas, ikan, seafood, telur, susu, dan produk olahan susu
  2. Vitamin A dari sumber hewani : susu yang diperkaya keju, krim, mentega, diperkaya margarin, telur, hati
  3. Beta-karoten (vitamin A yang dikonversi dari sumber tanaman) : sayuran yang berdaun hijau gelap, buah-buahan gelap oranye (aprikot, melon) dan sayuran (wortel, labu, ubi jalar)
  4. Vitamin E : Minyak tumbuhan tak jenuh ganda (kedelai, jagung, kapas, safflower), sayuran berdaun hijau, gandung, produk gandum, hati, kuning telur, kacang-kacangan dan biji-bijian
  5. Vitamin K : sayuran hijau dan sayuran dalam keluarga kubis, susu, juga diproduksi di saluran usus oleh bakteri.

Kebanyakan orang penderita radang usus perlu menyesuaikan menu makan mereka untuk mengganti hilangnya nutri dan hidrasi. Anda harus segera menghubungi dokter untuk mengetahui cara menyembuhkan radang usus serta dosis asupan vitamin yang tepat agar proses penyembuhan berjalan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *