Senam Yoga Untuk Diabetes

Karena banyaknya orang yang menderita diabetes, maka tak sedikit orang mulai beralih pada terapi alternatif dan komplementer seperti latihan yoga. Manfaat senam yoga untuk diabetes ini akan membawa perbaikan jangka pendek dan mengurangi kadar glukosa dan koleterol bagi penderitanya.

Yoga sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang memusatkan pada keseimbangan dan meningkatkan daya konsentrasi. Tak heran olahraga yang berasal dari India ini semakin banyak peminatnya. Apalagi sejak manfaat-manfaat yoga juga telah diketahui sangat baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan yoga adalah diabetes. Cara menyembuhkan diabetes dapat dilakukan dengan mengaplikasikan gerakan yoga dalam keseharian Anda. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mencoba latihan yoga, namun sebaiknya Anda jangan melakukannya tanpa bimbingan dari seorang instruktur atau berkonsultasi dengan ahlinya.

Untuk awal latihan, mungkin Anda dapat mencoba gerakan senam yoga pemula terlebih dahulu dan melakukannya secara perlahan. Anda bisa memulai latihan yoga dengan melihat video-video tentang senam yoga untuk belajar gerakan-gerakan dasar dalam yoga, sehingga Anda bisa merasakan hasilnya lebih dulu sebelum memutuskan mengikuti kelas yoga khusus.

Senam Yoga Untuk Diabetes

1. Seated Forward Bend Pose (Paschimottanasana)

senam-yoga-untuk-diabetes

Senam yoga yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan suplai darah di bagian punggung (belakang) dengan meregangkan otot-otot punggung dan sepanjang bagian belakang kaki. Pose ini juga mengaktifkan fungsu pankreas dan ginjal agar bekerja secara optimal.

Posisi duduk sambil meluruskan kaki ke depan. Tarik nafas lalu perlahan rentangkan tangan hingga menyentuh jari kaki. Benamkan kepala dan ciumlah lutut lalu ulangi ke posisi awal dan menghembuskan nafas perlahan. Ulangi gerakan ini hingga 3-4 kali.

2. Seated Twist Pose (Ardha Matsyendrasana) / Duduk Memutar

senam-yoga-untuk-diabetes

Duduk di lantai (alas) lalu letakkan tangan kiri pada paha kanan. Lalu putar tubuh perlahan. Tahan posisi ini 10 detik lalu buang nafas. Lakukan pergantian pada sisi lain dan ulangi gerakan 5-8 kali.

Pose duduk memutar ini tidak hanya baik untuk hati dan ginjal, namun juga dapat mencegah nyeri punggung dan pinggul, merangsang fungsi pankreas dan meningkatkan konsentrasi.

3. Sun Salutations (Surya Namaskar)

senam-yoga-untuk-diabetes

Banyak orang yang menganggap gerakan yoga ini adalah gerakan yang paling lengkap. Dengan melakukan gerakan ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan, mengontrol pernafasan dengan baik, melatih kekuatan otot, membangun keseimbangan dalam tubuh, menyegarkan pikran, juga membantu pasien diabetes untuk menurunkan kadar gula darah.

4. Cow Face Pose (Gomukhasana)

senam-yoga-untuk-diabetes

Duduk di lantai dan silangkan kaki kiri di bawah kaki kanan. Ambil nafas lalu lakukan pergerakan tangan. Buang nafas sambil istirahatkan lengan. Angkat tangan kanan ke atas dan tekuk. Pertemukan dengan tangan kiri di belakang punggung. Tahan satu menit. Ulangi gerakan ini pada kaki lain.

Latihan gerakan ini akan membantu meningkatkan pergerakan aktivitas pada bagian bahu dan pinggul, sekaligus memperkuat otot-otot dada dan punggung. Selain itu merangsang fungsi ginjal, kandung kemih dan melancarkan sistem pencernaan.

Gerakan-gerakan yoga diatas dapat mengurangi kalori tanpa memberikan tekanan yang terlalu berat pada tubuh. Selain itu Anda juga dapat mengkombinasikan dengan jenis olahraga lain, seperti jalan sehat, lari, senam aerobic atau melakukan olahraga di gym.

Penderita diabetes atau mereka yang ingin mengurangi resiko terserang diabetes disarankan agar mengikuti kelas yoga untuk memastikan pose-pose yoga yang dilakukan secara optimal sehingga dapat memberi manfaat yang maksimal bagi seluruh tubuh.

Tips Aman Melakukan Senam Yoga Untuk Diabetes & Latihan Pendukung Lainnya

  • Periksa gula darah sebelum dan sesudah melakukan senam atau latihan lainnya untuk melihat bagaimana respon tubuh terhadap latihan yang dilakukan
  • Pastikan kadar gula darah diangka kurang 250 mg/dl sebelum berolahraga
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan masing-masing selama 5 menit.
  • Minum air yang cukup sebelum dan sesudah berolahraga
  • Gunakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman dan menutup kaki
  • Hentikan aktivitas olahraga ketika merasa pusing atau sesak nafas secara tiba-tiba.
  • Untuk menghindari kadar gula terlalu rendah, siapkan sesuatu yang dapat dengan cepat menaikan kadar gula darah Anda, seperti permen, tablet glukosa, ataupun jus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *