Mencegah Cacar Air

mencegah-cacar-air

Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Tindakan pencegahan penyakit merupakan salah satu sebuah keharusan yang wajib Anda lakukan. Pada dasarnya penyakit cacar air merupakan penyakit yang menular. Maka dari itu dengan mengetahui cara mencegah cacar air ini, risiko Anda terkena cacar air pun akan semakin kecil.

Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini adalah infeksi yang sangat menular, bahkan 90% dari orang-orang yang sebelumnya tidak menderita cacar air akan terinfeksi ketika kontak dengan virus.

Maksud kontak disini yaitu ketika seseorang menyentuh, tersentuh atau terkena lepuhan cacar air pada kulit seorang penderita. Baik secara langsung maupun tidak langsung misalnya melalui pakaian atau benda-benda yang tercemar/tersentuh sebelumnya.

Biasanya infeksi yang bisa menyebabkan cacar air akan hilang dalam waktu satu minggu atau bisa juga ditambah beberapa hari setelahnya. Ketika memasuki 1-2 hari dari masa infeksi virus maka biasanya penderita akan mulai mengalami demam dan nafsu makan hilang. Pada hari setelahnya gejala cacar air berikutnya akan mulai terlihat yaitu munculnya benjolan kecil yang berwarna kemerahan pada kulit, dan badan terasa tidak terlalu panas.

Semua orang beresiko untuk terkena cacar air, meskipun sebelumnya telah mencapatkan vaksin cacar. Namun tetap saja anak-anak dan remaja lebih memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena cacar air.

Berikut ini adalah daftar resiko penyakit cacar air, diantaranya :

  1. Bayi di dalam kandungan dimana ibunya belum mendapatkan vaksin
  2. Bayi di dalam kandungan dimana ibunya belum pernah terkena cacar air
  3. Ibu hamil yang belum pernah memiliki riwayat cacar air
  4. Anak-anak yang sedang menjalani masa pengobatan khusus untuk penyakit asma
  5. Seseorang yang memiliki antibodi yang lemah
  6. Seseorang yang telah bersentuhan langsung dengan penderita cacar air

Cara Mencegah Cacar Air

  • Menjaga kebersihan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cacar air dapat menyebar melalui kontak tak langsung yaitu melalui benda-benda yang telah terkontaminasi dengan virus, seperti mainan anak-anak, tempat tidur atau pakaian. Maka dari itu cara mencegah cacar air yang tidak boleh diabaikan yaitu dengan rajin menyeka benda atau permuakaan dengan larutan sterilisasi dan memastikan bahwa setiap pakaian yang terinfeksi atau tempat tidur dicuci secara teratur

  • Vaksinasi

Pencegahan yang paling banyak dilakukan adalah dengan menggunakan vaksinasi. Menurut perkiraan CDC (Center for Disease Control and Prevention) vaksin ini mampu bekerja sebagai pelindung anak-anak dari cacar air sebesar hampir 90%. Jika anak yang sudah diberi vaksin namun masih terkena, maka setidaknya vaksin ini bekerja sebagai pengurang keparahan penyakit.

  • Isolasi

Seseorang yang mengalami cacar air maka tidak boleh bertemu dengan banyak orang, misalnya :

  1. Bagi anak-anak yang masih sekolah maka harus diliburkan terlebih dahulu
  2. Bagi pekerja maka harus izin atau cuti tidak masuk kerja

Karena kondisi mereka yang banyak bertemu dengan orang lain apalagi kontak yang erat maka potensi penularan akan sangat tinggi.

Tinggallah di rumah sampai lepuhan cacar air mengempes atau pecah dengan sendirinya dan tertutup oleh keropeng atau lapisan kulit mati yang tebal. Biasanya hal ini memerlukan waktu sekitar 5-7 hari sejak ruam pertama kali muncul.

  • Olahraga rutin dan teratur

Sempatkan selama 10-20 menit dipagi Anda untuk lari-lari setiap 3 hari sekali. fungisnya untuk membiasakan olahraga. hal ini bukan hanya membuat tubuh fit namun juga nampak segar kembali

  • Istirahat yang cukup

Usahakan Anda tidak bekerja terlalu keras, atau bermain terlalu lama. Kebiasaan begadang sangat tidak baik bagi kesehatan. Malam hari itu diciptakan untuk tubuh tidur, selama waktu tidur itulah tubuh akan membuat sistem imun agar tubuh kembali fit dan segar lagi.

  • Menjaga pola makan

Kesehatan seseorang tergantung pada konsumsi dan pola hidup ia sehari-hari. Apalagi pada pola makan yang teratur serta cukup gizi dan nutrisi. Untuk itu pastikan Anda mengonsumsi selalu buah dan sayuran disetiap menu makanan Anda.

Tips Perawatan Cacar Air

Perawatan dilakukan sebagai bagian dari cara menyembuhkan cacar air yang bisa Anda lakukan di rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko yang lebih berbahaya. Berikut ini adalah tips perawatan cacar air diantaranya :

  1. Jangan biasakan menggaruk area kulit yang merah dan ruam
  2. Kulit akan menjadi panas jika Anda menggaruknya, maka dari itu Anda bisa mengatasinya dengan mengolesi bagian kulit yang ingin digaruk
  3. Benjolan kecil yang telah berubah menjadi cacar jangan sampai digaruk karena bisa beresiko untuk menular ke orang lain dan bekas cacar akan semakin sulit hilang
  4. Sebaiknya potong kuku Anda supaya tidak melukai bagian tubuh yang terkena cacar apabila Anda tidak sengaja menggaruknya
  5. Supaya cacar air semakin cepat hilang Anda bisa mengenakan pakaian yang longgar ataupun sarung
  6. Kenakan pakaian yang nyaman, menyerap keringan dan terasa ringan ketika dikenakan
  7. Untuk mengurangi rasa gatal Anda bisa mandi dengan menggunakan campuran air soda dan sedikit baking soda pada air mandi
  8. Jangan terlalu sering mengonsumsi obat sakit kepala karena bisa menyebabkan demam dan penyakit lain
  9. Untuk mencegah kulit yang terlalu kering akibat cacar maka Anda bisa menggunakan pelembab kulit yang biasanya berupa salep
  10. Penderita cacar air wajib sebaiknya mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna supaya tubuhnya tidak mudah lemah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *