Terapi Olahraga Untuk Stroke

Langkah penting ketika seseorang mengalami serangan stroke adalah menjalankan rehabilitasi pemulihan stroke. Biasanya jika pengobatan stroke telah berakhir, pasien stroke dianjurkan untuk melakukan aktifitas fisik seperti terapi olahraga untuk stroke.

Olahraga dapat membantu penderita stroke agar terhindar dari kecacatan dan mengembalikan fungsi tubuh seperti semula. Olahraga yang sebaiknya dilakukan adalah olahraga ringan, yang berfokus pada koordinasi antara otak dan gerak tubuh.

Pemulihan kesehatan penderita stroke harus dilakukan secara kontinyu atau berkelanjutan. Terapi olahraga tidak hanya dapat dilakukan di rumah sakit saja dengan pantauan dokter, akan tetapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun, dukungan dari keluarga serta orang-orang di sekitar pasien sangat dibutuhkan. Dukungan ini akan menumbuhkan semangat pasien untuk sembuh.

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk pemulihan stroke diantaranya yaitu :

  • Jalan kaki

terapi-olahraga-untuk-stroke

Berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup penderita stroke. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga di tempat yang menyenangkan. Selain baik untuk tubuh hal tersebut tentu saja baik untuk kesehatan psikologis.

Saat berjalan kaki, semua anggota tubuh akan bergerak. Dengan begitu otot dan saraf akan kembali terlatih. Bila terasa lemas dan lelah setelah beberapa menit segeralah beristirahat. Jangan memaksakan diri, namun juga jangan cepat menyerah. setelah beristirahat sebentar, cobalah untuk kembali berjalan kaki. Lakukan kegiatan ini minimal 30 menit dalam sehari secara rutin untuk membantu proses pemulihan stroke.

  • Senam

terapi-olahraga-untuk-stroke

Senam memiliki gerakan-gerakan yang berulang. Gerakan berulang tersebut dapat membantu kerja otak, dan melatihnya untuk berkoordinasi dengan tubuh. Pasanglah musik untuk membuat gerakan senam menjadi lebih menyenangkan. Anda juga bisa mengikuti beberapa kelompok senam yang biasanya terdapat di beberapa pusat kebugaran atau taman kota.

  • Gerakkan lengan

terapi-olahraga-untuk-stroke

Lakukan olahraga yang banyak menggunakan lengan. Beberapa pemanasan dapat membantu agar tangan dapat kembali berfungsi seperti semula. Gerakan lengan secara perlahan sambil mengatur napas dengan baik. Sebagai alternatif, coba lakukan olahraga tangkap bola. Mintalah keluarga untuk membantu melempar bola ke arah pasien pascastroke. Olahraga ini akan menstimulasi otak untuk memberikan instruksi pada jemari untuk menangkap bola.

  • Yoga

terapi-olahraga-untuk-stroke

Yoga dapat membantu untuk tetap rileks dan meningkatkan kemampuan berkonsentrasi. Beberapa gerakan yoga juga dapat melatih keseimbangan. Selain itu yoga juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan ketakutan akan terjatuh. Nikmati setiap gerakan yoga yang dijalani dan atur nafas dengan baik. Olahraga ini sebaiknya dilakukan dengan didampingi oleh isntruktur yang berpengalaman agar tidak ada gerakan yang keliru atau gerakan-gerakan yang justru membahayakan kesehatan.

Kegiatan olahraga diatas bisa Anda jadikan referensi sebagai cara menyembuhkan stroke disamping mengonsumsi obat medis. Olahraga juga bisa meningkatkan seseorang untuk terhindar dari resiko terkena stroke. Bahkan sebuah studi menunjukkan, olahraga mengurangi risiko stroke dengan cara memperbaiki kesehatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat dapat menurunkan faktor risiko seperti hipertensi dan obesitas penyebab stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *