Pola Makan Sehat Penderita Asam Lambung

Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan terkadang membuat Anda telat atau lupa makan. Padahal salah satu penyebab tingginya asam lambung adalah pola makan yang tidak teratur. Nah, maka dari itu pentingnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana pola makan sehat penderita asam lambung, agar risiko terkena asam lambung semakin kecil.

Asam lambung adalah enzim di dalam lambung yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh. Asam lambung (HCL) memiliki empat tugas utama, yaitu :

  1. Proteolisis, proses pemecahan protein agar dapat dicerna tubuh
  2. Aktivasi pepsin yang merupakan enzim yang diperlukan untuk pencernaan protein
  3. Sebagai sinyal kimia yang menandakan bahwa makanan dapat bergerak dari perut menuju usus kecil serta memperingatkan pankreas untuk mensekresi enzim
  4. Menghambat pertumbuhan bakteri yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi.

Adanya asam lambung dapat memudahkan makanan yang Anda konsumsi untuk dicerna dan dilumatkan dalam lambung. Asam lambung juga akan membunuh bakteri ataupun jamur yang ada pada makanan yang Anda konsumsi. Makanan tersebut nantinya akan diubah menjadi cairan dan dialirkan ke seluruh tubuh untuk diserap. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menjaga keseimbangan asam lambung.

Ada dua hal yang bisa terjadi jika Anda tidak menjaga keseimbangan kadar asam lambung Anda dengan baik. Gejala asam lambung yang naik terlalu tinggi seringkali menyebabkan perut mulas dan sensasi panas-pedas di kerongkongan, yang disebut refluks asam lambung alias heartburn.

Kenaikan asam lambung yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan maag dan gangguan pencernaan lainnya. Sementara itu, waspadai pula gejala asam lambung rendah meski tidak banyak orang yang menyadarinya. Dampak asam lambung yang rendah juga sama bahayanya untuk kesehatan tubuh Anda.

Pola Makan Sehat Penderita Asam Lambung

  • Hindari ngemil diantara waktu makan.

Hal ini dapat memberikan waktu yang cukup untuk tubuh Anda mencerna makanan dengan lebih baik.

  • Pastikan mengunyah makanan dengan benar.

Hal ini sangat penting agar tubuh dapat membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah.

  • Perhatikan jam makan Anda.

Memperhatikan waktu makan adalah hal yang sangat penting. Anda juga disarankan untuk menghindari aktivitas makan dua jam sebelum tidur karena hal tersebut dapat memicu munculnya gejala asam lambung.

  • Batasi asupan kafein.

Kandungan asam yang tinggi dalam kopi dapat menyebabkan kesempatan otot cincin kerongkongan untuk melemas menjadi berkurang dan memungkinkan asam lambung naik ke mulut. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya refluks asam lambung.

  • Menghindari minum air terlalu banyak saat makan.

Minum terlalu banyak air di tengah waktu makan bisa mencairkan asam lambung dan membuat makanan yang Anda konsumsi lebih sulit untuk dicerna.

Perubahan pola hidup akan mengurangi anda terkena resiko asam lambung yang lebih berbahaya. Namun jika kondisi sudah tergolong parah maka tindakan pengobatan pun harus segera dilakukan secepat mungkin. Cara menyembuhkan asam lambung tersebut bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan medis atau secara alami dengan menggunakan ramuan herbal tradisional.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *