Pantangan Makanan Penderita Amandel

pantangan-makanan-penderita-amandel

Gejala amandel seringkali menjadi hal yang sangat mengganggu. Bagaimana tidak kondisi ini seringkali menimbulkan dampak yang menghalangi aktivitas sehari-hari yang dijalani oleh seseorang. Belum lagi sakit dibagian tenggorokan yang membuat nafsu makan berkurang, tentu akan mempengaruhi pola makan Anda bukan?

Orang yang menderita sakit amandel juga harus berhadapan dengan bau nafas yang tidak sedap, hal ini tentu akan menimbulkan perasaan canggung ketika berinteraksi dengan orang lain, alhasil percaya diri Anda menjadi berkurang.

Melihat dampaknya yang cukup mengganggu maka penting sekali mengupayakan segala hal untuk segera mencari solusi guna mengatasi amandel agar tidak bertambah parah. Perlu diingat bahwa segala macam gangguan kesehatan akan dapat fatal akibatnya jika Anda tidak segera melakukan tindakan pengobatan.

Dengan demikian jika Anda mengabaikan gangguan pembengkakan pada amandel karena menganggap penyakit ini akan dapat sembuh dengan sendirinya maka bukan tidak mungkin penyakit ini akan menjalar dan berubah menjadi lebih buruk sehingga menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Sebaiknya segeralah kunjungi dokter dan konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan baik. Percayakan pada dokter bahwa cara menyembuhkan amandel terbaik yang lebih tepat bisa anda dapatkan disana. Dengan berkonsultasi pada dokter maka diagnosa yang tepat akan bisa anda dapatkan sehingga pengobatan yang lebih efektif pun bisa anda dapatkan.

Amandel pada daerah faring memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai penyaring kuman, menahan demu sebagai produsen antibody sebagai pembentuk jaringan local dan juga sebagai pelawan infeksi selaput lender, sangat banyak sekali fungsi dari amandel itu sendiri, tapi meskipun amandel memiliki banyak fungsi seperti dijelakan tersebut amandel tetap memiliki kelemahan yaitu ia tidak dapat tahan terhadap makanan-makanan yang menjadi pantangannya, lalu apa saja pantangan makanan penderita amandel?

pantangan-makanan-penderita-amandel

Pantangan Makanan Penderita Amandel

  1. Makanan yang mengandung pengawet buatan, fetsin, maupun penyedap rasa, hal ini akan membuat kekebalan tubuh menurun akibat adanya bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan tenggorokan semakin terasa sakit
  2. Makanan pedas, karena dapat membuat proses pembengkakan menjadi lebih cepat dan semakin membesar
    Makanan yang mengandung minyak seperti kerupuk,gorengan dan lain-lain
  3. Ikan. Jenis ikan yang harus dihindari diantaranya adalah ikan air tawar dan ikan asin. Terutama untuk ikan asin. selain kandungan garam yang besar pada ikan asin yang akan berbahaya untuk kesehatan amandel. Duri-duri pada ikanpun dikhawatirkan akan terjebak dibagian amandel dan melukai bagian tersebut.
  4. Makanan Instan. Makanan yang instant biasanya kentara dengan kandungan pengawet didalamnya. Belum lagi kandungan bumbu-bumbu pada makanan instan biasanya banyak mengandung perasa yang berlebihan.
  5. Coklat, dapat memicu amandel menjadi lebih besar dan membuat tenggorokan menjadi gatal.
  6. Makanan yang asam, seperti jeruk sitrus, anggur, permen karet, buah berry dan lainnya harus dihindari oleh penderita amandel karena kandungan asamnya dapat menyebabkan gatal saat sakit tenggorokan
  7. Minuman dingin. Es krim atau minuman dingin sangat wajib untuk tidak dikonsumsi penderita radang amanel karena perbedaan suhu antara amandel yang sedang meradang dengan makanan atau minuman dingin bisa memperburuk kondisi pasien.

Untuk sementara waktu selama amandel belum disembuhkan sebaiknya kurangi makanan yang dilarang untuk penderita amandel, agar kondisi tidak semakin parah. Selain pantangan makanan penderita amandel, Anda juga perlu memperhatikan beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita amandel.

Diantaranya yaitu :

  • Kentang tumbuk
    Disamping memberikan rasa kenyang yang lebih lama, kentang tumbuk ternyata juga sangat baik dalam penyembuhkan penyakit amandel
  • Bayam
    Sayuran ini memiliki banyak khasiat yang sangat baik dalam mengobati amandel. Untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan, ada baiknya untuk menambahkan lada hitam secukupnya pada sayuran bayam yang akan dikonsumsi tersebut
  • Jahe
    Buatlah minuman ekstrak jahe yang hangat, kemudian dicampurkan dengan beberapa sendok madu. Lalu seduhlah lemon dan madu tersebut dengan segelas air hangat dan diminum secara rutin agar amandel bisa pulih kembali.
  • Bubur
    Bentuk dan susunannya yang lunak membuat bubur menjadi sangat mudah untuk dicerna jika dibandingkan dengan nasi. Anda bisa menambahkan cengkeh pada bubur tersebut untuk membantu pengobatan amandel

Demikian informasi mengenai pantangan makanan penderita amandel dan makanan penjungang penyembuhan amandel yang bisa kita sajikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *