Makanan Penderita Rematik

Mengingat rematik merupakan salah satu penyakit yang mudah kambuh jika sedikit saja salah mengonsumsi makanan, maka ada baiknya Anda mengetahui apa saja makanan penderita rematik yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Tak hanya itu, sangat penting juga bagi Anda pengidap rematik untuk menjalankan hidup sehat. Dimana selain mampu meringankan gejala radang sendi yang ada juga membantu mempercepat proses penyembuhannya.

Rematik merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena adanya penumpukan krisrtal natrium urat yaitu limbah di dalam tubuh. Biasanya rematik menyerang daerah jari kaki dan tangan.  Penyakit rematik ini sangat erat kaitannya dengan asam urat yang merupakan penyakit yang diakibatkan oleh zat purin. Namun sebenarnya kedua penyakit tersebut berbeda, perbedaannya dapat dilihat dari bagian organ yang diserang.

Asam urat merupakan bagian dari rematik akan tetapi orang yang sakit rematik belum tentu akibat asam urat. Biasanya rematik menyerang tubuh bagian sendi, bahu, leher atau pinggang, sedangkan penyakit asam urat hanya mengalami nyeri hebat di bagian sendi yang terkena asam urat, biasanya bagian kaki.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit rematik. Untuk itu bagi penderita rematik sangat disarankan untuk membatasi beberapa makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Berikut beberapa makanan yang mengandung zat purin tinggi, yaitu :

  • Daging merah (daging sapi, daging kambing dan daging bebek)
  • Beberapa jenis ikan seperti sarden, tuna, makarel
  • Jeroan seperti hati, otak, ginjal, jantung
  • Makanan yang mengandung ragi seperti roti
  • Minuman keras dan beralkohol
  • Makanan dengan tinggi kadar gula
  • Sayuran seperti bayam, jamur, kembang kol, kacang polong, kacang panjang , kacang merah.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Rematik

makanan-penderita-rematik

Bagi Anda atau keluarga Anda yang mengidap rematik, berikut beberapa makanan penderita rematik yang dianjurkan, diantaranya :

1. Nanas

Buah nanas mempunyai kandungan bromelain yang cukup tinggi yang sangat baik untuk mengatasi masalah peradangan dan juga bisa mengurangi rasa nyeri yang terjadi karena terserang rematik. Anda bisa mengonsumsinya langsung tanpa dikupas dan dimakan dianatara waktu makan Anda.

2. Apel

Apel sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita rematik karena kandungan didalamnya dinilai mampu untuk mengatasi adanya peradangan yang terjadi pada persendian. Apel memiliki kandungan boron, salah satu jenis mineral yang akan muncul dan mengurangi risiko rematik.

3. Mangga

Buah ini bisa meringankan adanya rasa nyeri karena peradangan yang terjadi. Mangga mempunyai kandungan antioksidan yang sangat kuat dan juga vitamin C yang akan berperan untuk mencegah terjadinya peradangan.

4. Pepaya

Makanan penderita rematik selanjutnya adalah pepaya. Ternyata pepaya juga sangat mampu untuk meringankan rasa nyeri pada bagian persendian. Ini disebabkan karena pepaya memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang sangat baik untuk mengatasi adanya keluhan rematik khususnya dibagian kaki.

5. Cabai

Cabai adalah jenis rempah yang mempunyai kandungan capsaicin. Rempah yang baik dikonsumsi oleh penderita rematik namun dalam jumlah yang terbatas ini mempunyai kandungan senyawa yang akan membantu untuk menghasilkan panas didalam tubuh. Rasa panas tersebut akan menghambat timbulnya rasa nyeri dan juga mendorong sel saraf tertentu.

6. Bawang putih

Bawang putih juga bagus jika diolah menjadi ramuan tradisional untuk mengatasi nyeri dada pada persendian. Rempah ini mempunyai kandungan belerang yang akan membantu para penderita rematik bisa meringankan rasa nyeri yang menyerangnya.

7. Jahe

Makanan penderita rematik yang terakhir adalah jahe. Kandungan fitonutrien yang ada pada jahe mempunyai manfaat sangat kuat terutama bagi kesehatan tubuh. Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa meringankan adanya peradangan tersebut. Pengolahan jahe bisa dengan cara ditumbuh kemudian dioleskan pada bagian yang terasa nyeri atau bahkan bisa juga dibuat ramuan untuk diminum.

Itulah beberapa makanan penderita rematik yang wajib Anda ketahui.Anda bisa melakukan kebiasaan mengonsumsi makanan tersebut agar proses penyembuhan berjalan optimal. Sebenarnya masih banyak cara menyembuhkan rematik yang bisa Anda lakukan, nah dengan mengonsumsi makanan penderita rematik itulah proses penyembuhan akan terbantu dan bisa bekerja dengan cepat. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *