Bahaya Penyakit Sinusitis

Banyak orang yang membiarkan penyakit sinusitis tanpa pengobatan, hal ini terjadi karena ketidaktahuan mereka akan bahaya penyakit sinusitis yang mungkin terjadi jika keadaan semakin parah dan tergolong serius.

bahaya-penyakit-sinusitis

Penyakit sinusitis bisa menjangkiti siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, laki-laki maupun perempuan. Sebagian besar orang dewasa menderita penyakit sinusitis karena adanya pembengkakan dinding dalam hidung yang dipicu terutama oleh virus flu.

Akibat virus flu biasanya seseorang akan menderita pilek dimana produksi lendir berlebih. Jika kondisi ini berlangsung lama, maka jalur udara terhambat sehingga bisa menyebabkan penyakit sinusitis ini. Selain akibat virus flu, penyakit sinusitis pada orang dewasa juga bisa terjadi karena infeksi jamur yang masuk melalui sistem pernapasan, infeksi kuman pada rongga mulut dan gigi, serta kebiasaan buruk merokok.

Sedangkan pada anak-anak, gejala penyakit sinusitis bisa timbul karena alergi, tertular oleh anak lain yang menderita penyakit sinusitis, kebiasaan minum menggunakan dot sambil berbaring, serta tinggal di kondisi lingkungan yang banyak tercemar asap. Oleh karena itu selayaknya orang dewasa tidak merokok sembarangan karena sangat membahayakan bagi anak-anak di sekitarnya.

Sebagian besar orang belum mengetahui mengenai penyakit sinusitis ini sehingga seringkali meremehkan dan menganggapnya sebagai penyakit ringan dan biasa. Akan tetapi jika tidak ditangani dengan benar secara medis, penyakit sinusitis ini bisa mendatangkan komplikasi penyakit yang bahkan bisa berujung pada kematian.

Inilah Bahaya Penyakit Sinusitis Jika Terus Dibiarkan

  • Infeksi Rongga Mata (Selulitis Orbitalis)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, salah satu lokasi sinus adalah di belakang mata (rongga mata tengkorak). Selulitis Orbitalis (SO) terjadi akibat peradangan pada jaringan mata yang salah satunya bisa dipicu oleh penyakit sinusitis yang terjadi

Penderita SO menunjukkan gejala-gejala, seperti mata merah, nyeri di bagian sekitar mata, kelopak mata mengalami pembengkakan, bola mata terlihat menonjol dan bengkak, serta demam tinggi. Jika tdak mendapatkan penanganan medis secara tepat, maka infeksi yang terjadi bisa merambat ke daerah yang lebih dalam, yaitu ke daerah otak. SO bisa juga menyebabkan penderitanya mengalami pembekuan darah. Jika pembekuan darah terjadi di otak, maka bukan tidak mungkin, bahkan penderita bisa mengalami kelumpuhan atau stroke.

  • Infeksi Tulang Kepala Bagian Depan (Osteomyelitis)

Infeksi pada tahap ini sangat jarang terjadi. Namun apabila terjadi, kondisi yang dialami penderita sangatlah serius. Infeksi bisa terjadi dalam beberapa arah penyebaran. Diantaranya yang paling berbahaya adalah penyebaran kea rah otak, dimana lokasinya memang sangat dekat, dan ke arah tulang belakang. Jika kedua bagian ini telah terinfeksi juga, maka hanya ada satu kemungkinan dari penderita, yaitu kelumpuhan dilanjutkan dengan kematian.

  • Radang Selaput Otak (Meningitis)

Bahaya penyakit sinusitis selanjutnya yaitu radang selaput otak. Berkaitan dengan infeksi penyakit sinus, maka daerah yang lebih mudah terjangkit adalah daerah selaput otak karena jaraknya yang dekat. Gejala umum seseorang terinfeksi meningitis adalah sakit kepalam leher terasa kaku dan disertai demam tinggi di sekujur tubuh, rasa mual dan ingin muntah, meningkatnya kepekaan terhadap cahaya (fotopobia) dan suara keras (fonopobia).

Sama seperti pada infeksi sinusitis, meningitis bisa terjadi akibat infeksi bakteri, virus, jamur, parasit, tetapi juga bisa terjadi bukan karena infeksi. Penyebab non infeksi biasanya disebabkan oleh sel kanker yang diderita oleh pengidap.

  • Kehilangan Indera Penciuman

Infeksi yang terjadi pada daerah sinus menyebabkan gangguan pada daerah sinus di kanan dan kiri hidung. Akibat infeksi yang terjadi, maka daerah sekitar hidung mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini pada tahap lanjut bisa mengakibatkan saraf-saraf penciuman pada rongga hidung terganggu dan rusak. Oleh karena itu penderitanya akan mengalami penurunan kemampuan indera penciuman.

  • Radang Pembuluh Darah

Bahaya penyakit sinusitis lain yang bisa ditimbulkan apabila penyakit sinusitis dibiarkan terlalu lama tanpa mendapatkan pengobatan adalah bisa mengundang penyakit radang pembuluh darah, pembuluh darah memiliki fungsi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, apabila pembuluh darah mengalami gangguan maka akan ada banyak masalah kesehatan yang bisa mengganggu.

Selain kehilangan indera penciuman, penderita juga bisa mengalami komplikasi penyakit seperti asma dan gangguan pada telinga yang mempengaruhi indera pendengaran.

Itulah beberapa dampak yang akan ditimbukan apabila penyakit sinusitis tidak segera mendapatkan pengobatan. Nah, apabila Anda tidak ingin terkena dampak buruk dari penyakit ini segera lakukan pengobatan sekarang juga. Cara menyembuhkan penyakit sinusitis tersebut bisa Anda lakukan dengan melakukan pengobatan medis maupun tradisional.

Tips Mencegah Penyakit Sinusitis

Untuk menurunkan resiko anda untuk menderita penyakit sinusitis, berikut akan kami sajikan informasi tentang apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit sinusitis, diantaranya :

  1. Menggunakan masker saat bepergian
  2. Minum air putih yang banyak
  3. Menggunakn masker saat bepergian
  4. Mengompres area hidung dan mata
  5. Vaksinasi influenza
  6. Menjauhi kegiatan yang membuat hidung berair dan tersumbat
  7. Berolahraga rutin
  8. Tidak merokok
  9. Diet seimbang dan sehat
  10. Menjauhi paparan asap dan polusi
  11. Membatasi konsumsi minuman beralkohol

Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini untuk mengindari Anda dari risiko terkena sinusitis. Tindakan pencegahan ini juga dapat menjauhkan Anda dari berbagai bahaya penyakit sinusitis yang dapat mengganggu kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *