Penyebab Sakit Lutut

Mengeluhkan sakit lutut adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Bagi sebagian orang mungkin hanya mengalami gejala nyeri yang ringan, namun ada juga sebagian yang mengalami nyeri luar biasa.

Ketahui-5-Penyebab-Sakit-Lutut-Yang-Sering-Terjadi-Pada-Anda

Rasa sakit, pembengkakan, dan krepitasi adalah beberapa dari gejala sakit lutut. Terdang juga lutut tidak dapat digerakkan atau terkunci, hal tersebut karena sepotong tulang rawan yang robek terperangkap di dalam sendi dan menghentikan kemampuan lutut untuk ditekuk dan diluruskan.

Lalu apa saja penyebab nyeri lutut dapat terjadi?

Ada beberapa penyebab umum terjadinya sakit lutut diantaranya :

1. Cedera

  • Robekan di ligamen dan tendon
    Sakit lutut bisa disebabkan saat bermain sepakbola atau tenis, atau bisa juga cedera di rumah, tempat kerja, maupun kecelakaan yang menyebabkan robekan di ligamen dan tendon. Rasa sakitnya akan terasa bahkan saat Anda tidak sedang melakukan apa-apa.
  • Patah tulang
    Patah tulang baik itu akibat kecelakaan atau terjatuh tentu akan menyebabkan sakit lutut yang tertahankan. Terkadang juga serpihan dari tulang yang patah ini bisa merusak sendi maupun jaringan halus di lutut.
  • Pendarahan dalam lutut
    Cedera juga dapat menyebabkan keretakan dan pendarahan yang menjalar ke sendi. Sakit lutut juga bisa disertai rasa panas, kaku, bengkak dan memar.

2. Bursitis

Bursitis merupakan peradangan pada bursa dan dapat timbul akibat riwayat aktivitas sendi yang berlebihan, jatuh, ataupun iritasi bursa akibat penekukan lutut berulang maupun posisi berlutut.

3. Asam urat

Saat tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat dan membentuk kristal di sendi, lutut bisa meradang dan terasa menyakitkan. Anda mungkin tidak bisa berjalan dengan normal, bahkan mungkin tidak bisa menggerakan lutut.

4. Penyakit Osgood-Schlatter

Penyakit ini terjadi daat tulang di bagian atas kaki bawah mengalami patah. ika Anda sering bermain sepakbola, voli, atau basket, Anda dapat berisiko mengalami masalah ini.

5. Infeksi pada lutut

Anda bisa mengalami dema, kemudian lutut Anda akan menjadi bengkak, panas dan terasa menyakitkan.

Itulah beberapa penyebab nyeri lutut yang umum terjadi. Tidak semua penderita akan merasakan gejala yang sama saat menderita sakit lutut. Anda perlu waspada jika mengalami gejala nyeri lutut disertai ciri ciri berikut ini :

  • Pembengkakan
  • Lutut yang terasa kaku atau tidak bisa diluruskan
  • Demam
  • Perubahan pada bentuk lutut
  • Sendi lutut tidak stabil atau lemas
  • Permukaan kulit di daerah lutut berwarna kemerahan dan hangat jika disentuh
  • Bunyi gemeretak pada lutut

Sebaiknya jangan dibiarkan, segera lakukan penanganan sedini mungkin. Jika tidak keadaan akan semakin parah dan mungkin dapat membahayakan.

Lutut memang rentan terhadap gangguan jika kita tidak bisa menjaga kesehatannya. Hal itu karena lutut merupakan penopang tubuh dalam berdiri. Maka dari itu sebaiknya lakukan pencegahan dengan mengetahui cara menjaga kesehatan sendi dan tulang lutut sebelum terlambat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *