Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut merupakan suatu keluhan yang sering dialami oleh semua orang. Sebagian besar terkadang tidak memiliki penyebab yang serius, namun ada beberapa beberapa gejala sakit perut yang menandakan kondisi suatu penyakit serius dan berbahaya.

Salah satu keluhan yang paling umum terjadi adalah sakit perut sebelah kanan. Nyeri perut ini biasanya menyerang tiba-tiba dan bisa terus menerus. Rasa sakitnya pun bisa tumpul atau tajam. Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak struktur di daerah perut kanan bawah dimana rasa nyeri dapat berasal dari organ-organ atau struktur di daerah tersebut.

12-Penyebab-Sakit-Perut-Sebelah-Kanan-Yang-Harus-Diwaspadai

Struktur internal di daerah ini termasuk bagian dari usus besar , usus buntu, kolon asenden, usus kecil, ovarium kanan, tuba falovi serta ureter kanan.

Jika bukan penyakit yang berbahaya, umumnya rasa sakit perut sebelah kanan bawah akan hilang sendirinya dalam satu atau dua hari. Tapi jika Anda mengalami gangguan sakit yang terus menerus, sebaiknya perlu diwaspadai dan segera lakukan penanganan khusus.

Waspadai Penyebab Terjadinya Sakit Perut Sebelah Kanan

1. Batu ginjal

Rasa nyeri akibat batu ginjal biasanya muncul mendadak dan terjadi di sisi kanan perut atau pinggang. Rasa nyeri pun bisa menjalar ke pangkal paha bahkan juga disertai kram, mual dan muntah.

Rasa nyeri pun biasanya tergantung dari besarnya batu pada ginjal. Batu ginjal yang berukuran kecil mungkin tidak akan menimbulkan rasa nyeri dan masih bisa keluar dari tubuh tanpa penanganan khusus. Namun jika ukurannya sudah besar, mungkin akan mengakibatkan rasa nyeri luar biasa dan harus dilakukan penanganan serius.

2. Sembelit

Selain diakibatkan oleh makanan penyebab sembelit , sembelit juga bisa disebabkan oleh kurang minum air putih. Sembelit terkadang menimbulkan rasa nyeri di bagian perut kanan. Jika keadaan memburuk, Anda juga bisa mengalami pembengkakan pada perut dan kadang muntah.

3. Radang usus buntu

Gejala sakit perut pada radang usus yang biasanya muncul dimulai sebagai rasa nyeri di sekitar pusar atau di tengah-tengah perut bagian atas, dan kemudian bergeser ke perut bagian kanan bawah.

Rasa sakit bisa menjadi lebih tajam setelah beberapa jam dan disertai dengan nyeri atau sakit saat terkena tekanan. Gejala yang menyertai termasuk demam ringan, mual, muntah, kehilangan nafsu makan dan diare.

4. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang terjadi di luar rahim, umumnya di bagian tuba fallopi. Sakit yang dirasakan adalah di bagian perut sebelah kanan, tapi juga dapat terasa di bagian kiri, tergantung pada lokasi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.

5. Kista ovarium

Kondisi kista ovarium ini akan menyebabkan rasa sakit, nyeri panggul yang terus menerus dan dapat menyebar ke punggung bawah dan paha. Nyeri panggul mungkin dialami sekitar awal atau akhir dari periode menstruasi. Menstruasi bisa menjadi tidak teratur dan disertai gejala mual, muntah serta tekanan pada kandung kemih.

6. Akibat penyakit lainnya

Penyakit lainnya yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan adalah :

  • Hepatitis
  • Gangguan leher rahim
  • Endometriosis
  • Infeksi lambung
  • Hernia
  • Kanker pankreas
  • Kanker kantung empedu

Apapun penyebabnya sakit perut yang terjadi secara terus menerus dan rasa sakitnya tak wajar perlu segera ditangani. Ketahui segera penyebabnya, sebelum terlambat dan semakin sulit disembuhkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *