Menjaga Kesehatan Sendi

5-Cara-Menjaga-Kesehatan-Sendi-Agar-Tetap-Bebas-Bergerak

Sendi adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi penting dalam menghubungkan tulang agar bagian tubuh dapat bergerak dan menyokong berat tubuh. Sendi terletak di beberapa tempat seperti di jari tangan, siku, pergelangan tangan, bahu, tulang belakang, rahang, panggul, pangkal paha, lutut, kaki dan antara tulang dada dan tulang selangka.

Namun seiring bertambahnya usia, tulang rawan akan aus, hingga menimbulkan reaksi yang dapat merusak sendi dan menyebabkan radang sendi. Selain faktor usia, kerusakan sendi dapat terjadi akibat pola makan yang tidak sehat. Untuk itu sebaiknya ketahui makanan penyebab radang sendi yang harus Anda hindari.

Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Tetap Kuat

1. Melakukan aktivitas fisik

Banyak bergerak dan dan jangan malas berolahraga dapat membantu menjaga otot-otot di sekitar sendi tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Bahkan olahraga dapat menjaga fungsi sendi dan mengurangi kecacatan pada penderita radang sendi.

Namun saat berolahraga Anda harus memperhatikan :

  • Memakai alat pelindung (helm, bantalan lutut, siku, pergelangan tangan)
  • Pemanasan dan peregangan saat olahraga
  • Tidak boleh berlebihan

2. Meningkatkan asupan makanan yang sehat untuk sendi

Beberapa makanan yang baik untuk persendian yaitu :

  • Buah-buahan dan sayuran yang berwarna seperti ceri, blueberry, balckberry, delima, paprika, jeruk, tomat dan nanas
  • Makanan kaya kalsium dan vitamin D seperti salmon dan sarden
  • Makanan yang dapat mencegah dan mengurangi inflamasi seperti oatmeal, kunyit, dan kacang walnut.
  • Makanan yang kaya antioksidan seperti brokoli dan bok choy

3. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Karena semakin berlebih bobot seseorang, maka semakin tinggu pula resiko gangguan yang bisa timbul pada sendi. Tak hanya itu obesitas juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi di usia muda.

4. Mengangkat benda berat dengan benar

Benda berat dapat memberi beban ekstra pada sendi sehingga lebih rentan terhadap cedera dan kerusakan. Jika Anda harus mengangkat benda berat, tekuklah pinggul dan lutut dalam posisi jongkok. Lalu luruskan kaki untuk mengangkat benda tersebut. Disarankan untuk tidak mengangkat benda berat dengan membungkuk atau mengangkatnya setinggi bahu.

5. Hindari kebiasaan terlalu lama berdiam diri dan selingi dengan bergerak

Kebiasaan duduk diam sepanjang hari seperti mengetik, menonton TV, ataupun berkendara dapat menimbulkan resiko lebih tinggi mengalami gangguan sendi. Setidaknya istirahatlah sejenak tiap setengah jam sekali untuk bergerak aktif seperti berjalan mengambil minum atau ke toilet untuk buang air.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan sendi yang bisa Anda lakukan di rumah. Adapun hal lain yang sebaiknya Anda lakukan sebagai pendukung kesehatan sendi, diantaranya :

  • Menghindari kebiasaan merokok
  • Kenakan sepatu yang tepat saat berolahraga
  • Berkonsultasi dengan dokter
  • Minum air putih yang banyak minimal 8 gelas setiap harinya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *