Mencegah Maag Kambuh

Maag merupakan salah satu penyakit kambuhan dan dapat kambuh kapanpun. Maag sendiri merupakan suatu penyakit yang umum terjadi serta tergolong berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

5-Cara-Mencegah-Maag-Agar-Tidak-Kambuh-Lagi-Terbukti-AMPUH

Makanan merupakan salah satu pemicu penyebab maag dapat kambuh. Pola makan yang tidak baik menjadi salah satu penyebab kambuhnya penyaikit maag. Tak hanya itu, makanan juga memberikan pengaruh besar terhadap kambuhnya penyakit maag. Bagi Anda penderita maag sebaiknya hindari beberapa makanan asam, makanan pedas, makanan berpengawet tinggi, serta makan dalam porsi besar.

Tips Mencegah Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh

1. Mengubah pola makan

  • Biasakan makan secukupnya dan jangan terlalu kenyang
  • Lebih sering makan dengan porsi yang lebih sedikit minimal 5-6 kali sehari
  • Hindari beberapa makanan asam, pedas yang dapat memicu maag
  • Hindari makan sebelum tidur karena dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung
  • Mengonsumsi cemilan sehat untuk penderita maag kronis

2. Istirahat yang cukup dan hindari stress berlebih

5-Cara-Mencegah-Maag-Agar-Tidak-Kambuh-Lagi-Terbukti-AMPUH

Stress yang berlebihan sangat berbahaya sebab bisa memicu terjadinya maag. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidur cukup setidaknya 8 jam perhari agar penyakit maag bisa dihindari.

3. Minum air putih yang cukup

Jangan sampai Anda kekurangan minum air putih karena selain dapat memicu maag kambuh, kurang minum air juga merupakan kebiasaan buruk penyebab batu ginjal.

Anda disarankan untuk konsumsi cukup air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Air putih juga dapat meredakan sakit maag, hal ini karena racun dan bakteri pada lambung akan terbuang bersama air seni yang dikeluarkan.

4. Hindari kebiasaan merokok

Zat nikotin dalam rokok memiliki efek relaksasi otot, sehingga otot saluran pencernaan yang seharusnya mempertahankan agar isi lambung tidak naik ke atas menjadi lemah, hal ini menyebabkan refluks asam lambung penyebab maag kambuh.

5. Menjaga berat badan agar tetap ideal

5-Cara-Mencegah-Maag-Agar-Tidak-Kambuh-Lagi-Terbukti-AMPUH

Orang yang memiliki obesitas akan beresiko lebih tinggi mengalami maag, karena orang tersebut cenderung makan dalam porsi besar, yang dapat meningkatkan tekanan dalam lambung sehingga isi lambung mudah naik keluar.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit maag agar tidak kambuh lagi di kemudian hari. Anda juga perlu memperhatikan bagaimana menyajikan resep makanan yang baik agar maag tidak gampang kambuh.

Ketika Anda memasak makanan, jangan menggunakan minyak atau lemak, yang berarti Anda sebaiknya tidak menggoreng makanan Anda. Lemak lebih sulit untuk dicerna sepenuhnya, sehingga akan tinggal lebih lama di perut Anda. Sebaiknya, cobalah resep makanan yang dikukus, direbus, dibakar, atau di panggang.

Setelah makan Anda juga harus menghindari berbaring untuk setidaknya dua jam. Langsung berbaring atau tidur setelah makan dapat membuat asam lambung lebih mudah mengalir ke esofagus dan menyebabkan penyakit maag kambuh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *