Makanan Penyebab Radang Sendi

Wajib-Tahu!-9-Makanan-Penyebab-Radang-Sendi-Yang-Berbahaya

Menderita radang sendi memang dapat membuat tidak nyaman penderitanya. Apalagi jika mereka memiliki aktivitas yang padat dalam kesehariannya. Rasa nyeri yang muncul biasanya dapat berlangsung lama atau sebentar tergantung dari tingkat keparahan peradangan yang terjadi.

Selain faktor usia nyeri sendi juga dapat diakibatkan oleh aktivitas fisik yang memerlukan banyak gerak sendi. Tidak hanya itu nyeri sendi juga dapat diakibatkan oleh faktor makanan.

Pasalnya ada beberapa makanan yang tidak baik dan dapat memicu Anda terkena nyeri sendi. Diantaranya adalah :

1. Makanan yang digoreng

Wajib-Tahu!-9-Makanan-Penyebab-Radang-Sendi-Yang-Berbahaya

Selain merupakan pantangan makanan bagi penderita penyakit amandel bengkak, makanan ini pun tidak baik untuk kesehatan sendi Anda. Karena mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi dengan kadar kolesterol jahat. Selain itu menurut sebuah penelitian menunjukan, makanan yang digoreng akan menjadi stimulan peradangan yang kuat.

2. Makanan cepat saji

Makanan ini mengandung pengawet yang cukup tinggi. Tak hanya itu makanan ini juga sudah melalui proses panjang dengan pemanasan dan campuran berbagai bahan kimia, selain pengawet yang dapat memicu nyeri sendi.

3. Daging

Wajib-Tahu!-9-Makanan-Penyebab-Radang-Sendi-Yang-Berbahaya

Daging termasuk jenis makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi yang sulit dicerna. Karena proses pencernaan yang sulit ini, maka protein dari daging dalam hati akan menghasilkan endapan purin yang menyebabkan seseorang menderita asam urat.

4. Minuman bersoda

Minuman mengandung kadar gula dan pemanis yang sangat tinggi. Mengonsumsi minuman bersoda akan berkonsentrasi untuk melepaskan senyawa yang disebut dengan cytoken. Ini adalah semacam senyawa kimia yang jika dikonsumsi dapat menyebabkan peradangan.

5. Olahan susu

Wajib-Tahu!-9-Makanan-Penyebab-Radang-Sendi-Yang-Berbahaya

Segala jenis susu dan berbagai olahannya seperti keju dan yoghurt, jika dikonsumsi secara berlebihan akan semakin memperparah gejala yang dirasakan oleh para penderita penyakit radang dan nyeri sendi.

6. Seafood

Seafood merupakan makanan penyebab kista ovarium dan radang sendi. Udang, cumi, kerang, ikan teri, sarden, remis, kepiting dan juga tiram merupakan jenis seafood yang harus Anda hindari karena dapat menyebabkan reaksi alergi dan juga inflamasi.

7. Olahan melinjo

Mengonsumsi melinjo dan berbagai macam olahannya ternyata dapat meningkatkan tekanan darah atau hipertensi dan juga asam urat dalam darah.

8. Sayur dan buah-buahan tertentu

Wajib-Tahu!-9-Makanan-Penyebab-Radang-Sendi-Yang-Berbahaya

Bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, buncis, kembang kol, daun jambu mete, nanas, durian, tomat dan alpukat adalah jenis sayur dan buah-buahan yang harus Anda hindari.

9. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Mengonsumsi garam berlebih atau dengan cara yang tidak tepat dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Peredaran darah yang tidak lancar dan terganggu dapat menyebabkan nyeri sendi di beberapa bagian tubuh.

Itulah beberapa makanan penyebab nyeri sendi yang harus Anda hindari. Sendi dan tulang kita memang dapat rentan terkena berbagai gangguan jika kita tidak menjaganya dengan baik. Maka dari itu sebaiknya Anda mengetahui cara menjaga kesehatan sendi agar tetap kuat dan terhindar dari penyakit radang sendi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *