Penyebab Epilepsi Kambuh

7-Penyebab-Epilepsi-Kambuh-Yang-Tidak-Pernah-Anda-Sadari

Seperti yang telah diketahui epilepsi merupakan salah satu penyakit kambuhan yang harus Anda waspadai. Siapapun bisa terkena penyakit ini, dan jika sudah kambuh maka akan sangat berhaya terlebih jika mereka sedang melakukan aktivitas seperti berkendara atau dekat sungai.

Menurut data WHO, kurang lebih 50 juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekitar 2,4 juta setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri didapatkan kasus epilepsi paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini akan bertambah sekitar 70 ribu tiap tahunnya. Diantaranya terdapat kurang lebih 40-50 % kasus epilepsi yang terjadi pada anak-anak.

Faktor Pemicu Kambuhnya Kejang Epilepsi

1. Kadar gula darah yang tidak normal

Kejang epilepsi bisa terjadi ketika gula darah tubuh sedang serendah-rendahnya atau disebut hipoglikemia. Tak jarang penderita penyakit gula atau diabetes juga berisiko tinggi terhadap epilepsi ini.

2. Kurang tidur

7-Penyebab-Epilepsi-Kambuh-Yang-Tidak-Pernah-Anda-Sadari

Memang belum diketahui alasan pastinya, namun jika jam tidu yang sedikit maka bisa menjadi pemicu epilepsi Anda kambuh. Tidur juga bersifat restoratif, yaitu saat tidur tubuh mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dan memulihkan energi tubuh.

3. Akibat paparan sinar matahari

Ketika Anda berada di bawah panas dalam waktu lama, tubuh agak sulit untuk mendinginkan tubuhnya sendiri. Otak pun tidak akan bisa berfungsi dengan baik pada suhu yang lebih tinggi dan akhirnya kejang pun terjadi.

4. Alkohol dan narkoba

Alkohol dan narkoba juga merupakan salah satu pemicu terjadinya kejang kejang yang merupakan gejala utama dari epilepsi. Maka dari itu bagi Anda yang memiliki penyakit epilepsi, disarankan untuk tidak pernah mengkonsumsi alkohol dan obat – obatan terlarang seperti narkoba.

5. Infeksi pada otak

Meningitis merupakan salah sau jenis infeksi pada selaput otak. Radang dan infeksi pada otak seperti meningitis ini dapat membuat seseorang mengalami gejala gejala epilepsi.

6. Faktor gejala penyakit lain

7-Penyebab-Epilepsi-Kambuh-Yang-Tidak-Pernah-Anda-Sadari

Dalam beberapa kasus, epilepsi dapat muncul sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh beberapa jenis penyakit kronis lain. Seperti tumor, infeksi saraf, kondisi genetik yang abnormal dan kerusakan pada otak.

7. Makanan tertentu

Makanan cepat saji, junkfoof, karbohidrat olahan juga merupakan makanan penyebab epilepsi kambuh.

Itukah beberapa penyebab epilepsi dapat kambuh. Jika epilepsi kambuh ada baiknya Anda melakukan beberapa pertolongan pertama saat epilepsi kambuh dengan tepat.

Alasan kenapa kejang-kejang pada penderita epilepsi perlu ditangani dengan tepat adalah untuk menghindari terjadinya situasi yang dapat membahayakan nyawa penderitanya. Contohnya adalah terjatuh, tenggelam, atau mengalami kecelakaan saat berkendara akibat kejang.

Jangan sampai bahaya mengancam nyawa Anda segera ketahui sedini mungkin cara mencegah epilepsi kambuh lagi sebelum terlambat dan membahayakan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *