Penyebab Benjolan Di Leher

Benjolan di leher merupakan suatu masalah yang cukup umum terjadi.  Banyak orang yang mengira bahwa benjolan tersebut merupakan gejala gondok atau gondongan. Namun sebenarnya ada kemungkinan penyebab lain yang dapat memicunya.

Jangan pernah sepelekan benjolan di leher Anda, karena bisa jadi menandakan kondisi penyakit serius dan dapat membahayakan.

Waspadai-8-Penyebab-Benjolan-Di-Leher-Sebelah-Kanan-dan-Kiri

Tumbuhnya benjolan di leher, baik itu terasa sakit atau tidak , keras atau lembek pasti membuat seseorang menjadi sangat cemas. Hal ini karena kebanyakan penderita tidak mengetahui apa yang menyebabkan munculnya benjolan tersebut dan apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Penyebab Munculnya Benjolan Di Leher Sebelah Kanan dan Kiri

1. Kelenjar Getah Bening

Membengkaknya kelenjar getah bening biasanya diakibatkan oleh proses pertahanan tubuh dalam melawan infeksi , yang mana dalam beberapa kasus benjolan akibat ini bisa hilang dengan sendiri.

Infeksi bakteri pada kulit kepala, sinus, amandel , tenggorokan, gigi, atau kelenjar ludah dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.

2. Kelenjar Tiroid ( Gondok)

Pembengkakan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kekurangan yodium, kelenjar terlalu atau kurang aktif, dan kanker tiroid.

Kelenjar tiroid umumnya menyerang anak-anak, hal ini karena sistem imun di usia mereka masih sangat rendah. Untuk menghindari resiko bahayanya sebaiknya ketahui beberapa gejala pembengkakan kelenjar tiroid pada anak agar pengobatannya dapat dilakukan dengan tepat.

3. Tumor / Abses Parafaring

Benjolan di leher akibat tumor dan abses parafaring biasanya tidak terdeteksi saat pemeriksaan fisik namun bnejolan tiba tiba muncul sudah berukuran 2 cm .

4. Infeksi

Benjolan di leher belakang, kanan atau di sisi kiri bisa berkembang ketika tubuh melawan infeksi dari pilek, gigitan serangga, atau luka kecil. Infeksi yang lebih serius dapat menyebabkan kelenjar membesar dan menjadi keras, keras, atau lunak.

5. Gondongan

Pada gondongan , pembengkakan pada leher biasanya terasa nyeri dan teraba panas akibat proses peradangan. Gejala lainnya yaitu demam, lemas, sakit kepala, nyeri telinga dan bengkak.

6. Kista Saluran Thyroglossal

Kista saluran thyroglossal adalah kista atau kondisi benjolan di leher anak yang bisa terus berkembang hingga dewasa. Pada umumnya, ini tidak berbahaya.

7. Sindrom Kelelahan Kronis

Kondisi ini merupakan salah satu gangguan yang memicu penderita menjadi sangat lemah dan mengalami kelelahan yang sangat ekstrem dan bisa menjadi pemicu tumbuhnya benjolan.

8. Kanker

Anda juga berisiko tinggi mengalami benjolan di leher yang bersifat kanker jika menjalani gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, benjolan di leher juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda menderita leukimia (kanker darah putih), kanker payudara, lipoma , serta kanker paru-paru.

Itulah beberapa penyebab benjolan di leher yang mungkin dapat terjadi. Diantara beberapa penyebab diatas, kanker lah yang merupakan penyebab paling berbahaya. Untuk itu sangat penting bagi Anda melakukan konsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi benjolan dan penyebab pastinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *