Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Sakit kepala adalah salah satu keluhan yang umum terjadi. Namun Anda perlu waspada, jika gejala sakit kepala berlangsung lama dan berkepanjangan. Sebagian mungkin kondisi tersebut tidak membahayakan namun ada juga kemungkinan menandakan kondisi penyakit yang lebih serius.

Jangan sepelekan sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala yang berlebihan dan mudah kambuh bisa jadi adalah tanda dari pola hidup yang kurang sehat dengan segala kebiasaan makan dan olahraga yang tak baik.

9-Penyebab-Sakit-Kepala-Terus-Menerus-Yang-Perlu-Diwaspadai

Sering sakit kepala dianggap serius apabila sakit kepala dapat dialami penderitanya sekitar 15 hari lebih secara berturut-turut, atau bahkan ada yang sampai 3 bulan belum juga berhenti.

Sakit kepala yang ada biasanya disertai dengan sakit leher dan kaku. Sebaiknya Anda juga mengetahui penyebab leher kaku dan sakit agar tidak keliru dalam penanganannya.

Lalu, apa saja penyebab sakit kepala yang terjadi secara terus menerus?

1. Stress

Sakit kepala bisa juga disebabkan oleh masalah yang menumpuk, baik itu masalah keuangan, pekerjaan, atau keluarga. Saat seseorang stres, ada zat kimia dalam darah yang dilepas dan berakibat pada terganggunya pembuluh darah. Sehingga menyebabkan sakit kepala.

2. Kurang Istirahat

Saat kurang tidur, seseorang bisa mengalami ketidakseimbangan pada tubuhnya sehingga akan lebih mudah terserang sakit kepala. Perolehlah kualitas tidur yang mencukupi, yakni 7-8 jam per harinya dan lakukan itu setiap hari untuk mencegah sakit kepala.

3. Kebiasaan Terlambat Makan

Ketika Anda terlambat makan, apalagi telat makan pagi, maka kadar gula di dalam darah akan menurun dengan sangat cepat. Kondisi seperti ini akan menyebabkan sakit kepala yang cukup sering dan terus-menerus.

4. Dehidrasi

Bahaya dehidrasi akan mudah menyerang seseorang yang tak rajin memenuhi asupan cairan dalam tubuhnya. Salah satu akibat yang dirasakan adalah sakit kepala berkepanjangan karena cairan di dalam tubuh tidak dalam kondisi seimbang.

5. Olahraga dan Makan Terlalu Berlebihan

Bila Anda secara rutin melakukan olahraga yang terlalu lama dengan memforsir tubuh, sakit kepala terus-menerus bisa terjadi. Tak hanya itu makan berlebihan terlalu sering atau setiap saat bisa juga menyebabkan sakit kepala terus-terusan dan memicu resiko diabetes akibat kadar gula darah yang naik.

Adapun beberapa penyebab sakit kepala terus menerus yang termasuk dalam kategori berbahaya adalah :

  • Meningitis
  • Migrain
  • Stroke
  • Abses otak

Tips Mengatasi Sakit Kepala Terus Menerus

  • Jangan beraktivitas secara berlebihan sehingga waktu tidur berkurang banyak.
  • Makan tepat pada waktunya, jangan menunda-nunda waktu makan Anda, terlebih malah melewatkannya.
  • Hindari stress berlebih
  • Ventilasi yang cukup pada kamar tidur Anda dan tempat-tempat lain dimana Anda sering beraktivitas.

Anda dapat melakukan beberapa tips diatas agar sakit kepala Anda dapat terobati dan segera reda. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *