Manfaat Minyak Kayu Putih

10-Manfaat-Minyak-Kayu-Putih-Untuk-Kesehatan-&-Kecantikan

Minyak kayu putih merupakan salah satu minyak essensial yang diesktrak dari daun kering bersumber dari pohon eucalyptus. Dalam minyak kayu putih terkandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi tubuh, seperti eucalyptol, valeraldehyde, sequiterpene, pinocarveol, pinen, terpinol, camphen globulal, cineol, fenchen, serta butylaldehyde.

Minyak kayu putih telah digunakan bertahun-tahun yang lalu karena memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Minyak kayu putih yang dijual umumnya sudah ditambahkan cairan lain untuk menjamin keamanannya bagi kulit. Minyak yang banyak beredar di pasaran saat ini lebih banyak ditujukan sebagai obat luar untuk mengatasi masalah ringan.

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan Tubuh

  • Menghilangkan nyeri pada persendian
10-Manfaat-Minyak-Kayu-Putih-Untuk-Kesehatan-&-Kecantikan

Mengoleskan minyak kayu putih pada daerah sendi atau otot yang terasa nyeri dan memijatnya dengan lembut dapat membantu meringankan tekanan dan nyeri sendi atau otot. Hal ini karena minyak kayu putih memiliki efek relaksasi dan meningkatkan aliran darah pada area yang terasa nyeri.

  • Membantu dalam penyembuhan luka

Minyak kayu putih mengandung bahan aktif seperti citronellol, dan 1,8-cineole yang membuatnya berfungsi sebagai antibakteri. Mengoleskan minyak kayu putih di area sekitar luka dapat melindungi luka terbuka atau daerah yang teriritasi dan infeksi yang disebabkan oleh mikroba dan paparan udara.

  • Meredakan batuk
10-Manfaat-Minyak-Kayu-Putih-Untuk-Kesehatan-&-Kecantikan

Penyebab batuk kering atau berdahak salah satunya akibat polusi udara. Anda bisa memanfaatkan minyak kayu putih dengan mengoleskan ke dada atau tenggorokan untuk menekan batuk dan meredakan gejalanya.

  • Mengobati pusing dan sakit kepala migrain

Salah satu cara alami untuk menghilangkan rasa pusing atau menyembuhkan migrain adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih pada leher bagian belakang dan samping. Hal ini akan memberikan udara yang segar dan dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih rileks. Tubuh akan semakin tenang dan tidak tegang, dan pusing dapat teratasi.

  • Perawatan gigi
10-Manfaat-Minyak-Kayu-Putih-Untuk-Kesehatan-&-Kecantikan

Minyak kayu putih dapat meringankan gigi berlubang, plak pada gigi, gingivitis (radang pada gusi), dan sakit gigi lainnya yang disebabkan oleh kuman. Hal ini karena minyak kayu putih merupakan antimikroba yang dapat melindungi gigi dari pertumbuhan mikroba.

  • Meredakan masalah pernafasan

Minyak kayu putih dapat meredakan masalah pernafasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, asma, bronkitis dan sinusitis. Hal ini karena minyak kayu putih bersifat antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus dan antiinflamasi.

  • Membantu mengontrol kadar gula darah

Minyak kayu putih dapat membantu menyembuhkan diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah.

Itulah beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan. Sedangkan manfaat minyak kayu putih untuk wajah, kulit dan rambut adalah mampu meremajakan kulit, mengatasi wajah berminyak, dan menghilangkan ketombe. Selain memanfaatkan minyak kayu putih Anda juga wajib mengetahui manfaat lidah buaya untuk wajah dan kulit, agar kulit Anda dapat terawat dan terjaga kelembabannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *