Manfaat Daun Pandan

Daun pandan adalah salah satu jenis tumbuhan dari pamili pandanaceae dengan ciri khas daun yang mempunyai aroma wangi yang khas. Maka dari itu, dalam olahan kuliner, daun pandan merupakan suatu komponen penting di Indonesia.

10-Manfaat-Daun-Pandan-Untuk-Kesehatan-Dan-Kecantikan-Wajah

Ternyata tak cuma harum dan dapat membuat makanan menjadi nikmat, daun pandan juga memiliki kandungan senyawa yang sangat berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan.

Berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan diantaranya :

  • Mengatasi rematik

Tidak hanya manfaat ginkgo biloba saja, daun pandan juga efektif dalam mengatasi rematik. Caranya dengan merebus daun pandan segar dengan minyak kelapa, diaduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan olahan daun pandan ini sebagai obat gosok untuk dioles pada bagian yang rematik.

  • Mengatasi pegal linu

Caranya yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Setelah di cuci bersih kemudian tubuk hingga halus dan tambahkan 1 sendok minyak kayu putih dan minyak gandapura ke dalamnya. Aduk hingga merata. Dan gunakan ramuan tersebut untuk menggosok bagian tubuh yang mengalami pegal linu.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun pandan juga efektif dalam menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya daun pandan wangi direbus pada 3 gelas air sampai air tersisa 2 gelas saja. Minum secara rutin rebusan yang sudah disaring 2 kali dalam sehari di pagi dan sore hari.

  • Mencegah kanker

Daun pandan dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun-racun yang berbahaya. Selain itu, daun pandan juga ampuh dalam menghambat zat karsinogen yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

  • Mengatasi lemah syaraf

Manfaat daun pandan untuk jaringan syaraf adalah menguatkannya kembali sehingga bisa bekerja lebih baik didalam tubuh. Jika syaraf Anda bekerja dengan normal, maka kesehatan tubuh Anda pun akan terjaga.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan lainnya yaitu :

  • Membantu mengatasi stres
  • Melancarkan bab yang keras
  • Mencegah diabetes
  • Melancarkan Haid
  • Membersihkan usus dari radikal bebas
  • Sumber antioksidan

Manfaat Daun Pandan Lainnya Untuk Wajah, Rambut Dan Miss V

Daun pandan dipercaya mampu mengatasi berbagai macam masalah rambut seperti halnya ketombe, rambut lepek, rambut kusam, dan juga rambut rontok. Sedangkan untuk wajah adalah dapat membantu dan menjaga kesehatan kulit.

Caranya cukup mudah, anda tinggal menumbuk halus daun pandan yang telah dibersihkan, setelah itu beri sedikit air matang dan peras hingga airnya terpisah dari ampas daun pandan. Ambil air perasan daun pandan dan tambahkan dengan satu sendok madu murni. Minum ramuan tersebut secara rutin setiap malam sebelum tidur selama dua minggu berturut turut untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Meskipun daun pandan memiliki banyak manfaat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah, salah satunya masalah pencernaan. Jika Anda ragu mengenai anjuran dosis yang disarankan ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Semoga bermanfaat!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *