Gejala Penyakit Sinusitis Kronis

Sinusitis kronis merupakan suatu kondisi sinusitis sudah masuk dalam tahap yang lebih parah. Penyakit ini paling sering memperngaruhi orang dewasa muda dan setengah baya, tetapi juga dapat mempengaruhi anak-anak.

Seperti yang telah diketahui bahwa penyebab penyakit sinusitis sendiri adalah akibat infeksi bakteri atau virus. Namun Anda perlu mengetahui penyebab keluar cairan kuning dari hidung lainnya setelah sinusitis, agar penangangannya pun tidak keliru.

Sinusitis yang dibiarkan maka infeksi akan semakin parah dan menyebabkan sinusitis akut bahkan menjadi kronis. Sinusitis dikatakan kronis jika kondisinya dapat menganggu saluran dan menyebabkan penumpukan lendir.

Bagaimana cara membedakan sinusitis akut dan kronis?

Ada beberapa perbedaan sinusitis akut dan kronis, yaitu :

  • Sinusitis akut – Sebuah kondisi mendadak seperti gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri wajah yang tidak hilang setelah 10 sampai 14 hari. Sinusitis akut biasanya berlangsung 4 minggu atau kurang.
  • Sinusitis kronis – Suatu kondisi yang ditandai dengan gejala radang sinus yang berlangsung 8 minggu atau lebih.

Ciri Ciri Sinusitis Kronis

  1. Cairan kental, diskolorasi dari hidung atau adanya cairan mengalir dari belakang tenggorokan (postnasal drainage)
  2. Penyumbatan hidung, menyebabkan kesulitan bernapas melalui hidung
  3. Nyeri, sensitif dan bengkak di sekitar mata, pipi, hidung atau kening
  4. Berkurangnya indera penciuman dan pengecap pada dewasa atau batuk pada anak-anak
  5. Nyeri pada telinga, rahang atas dan gigi
  6. Batuk yang memburuk pada malam hari
  7. Radang tenggorokan
  8. Napas bau (halitosis)
  9. Mual
  10. Kelelahan atau mudah marah

Tanda dan gejala sinusitis kronis sama dengan sinusitis akut, kecuali sinusitis kronis akan terjadi lebih lama dan sering menyebabkan kelelahan yang lebih signifikan. Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas ada baiknya segera melakukan pengobatan.

Waspadai Bahaya Akibat Penyakit Sinusitis Kronis, Jika Terus Dibiarkan!

Bahaya sinusitis jika terjadi komplikasi jarang terjadi, namun bisa sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Beberapa bahayanya adalah infeksi rongga mata, pembuluh darah, dan tulang bagian depan kepala, meningitis, serta kehilangan indra penciuman.

Untuk menghindari beberapa bahaya tersebut, ketika Anda mengalami gejala sinusitis sebaiknya Anda melakukan beberapa hal perawatan sinusitis seperti menghindari alergen, menggunakan masker, menjaga kebersihan dan mengubah pola hidup sehat.

Semakin dini pengobatan maka semakin besar pula peluang Anda terhindar dari penyakit sinusitis kronis yang mungkin membutuhkan waktu lama dalam penyembuhannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *