Cara Mencegah Sinusitis Kambuh

6-Cara-Mudah-Mencegah-Sinusitis-Agar-Tidak-Kambuh-Lagi

Sinusitis adalah kondisi dimana sinus mengalami infeski dan bengkak atau terjadi iritasi. Sinusitis dapat terjadi pada siapa saja dan terbentuk jika pilek berlangsung berulang dan berkepanjangan. Rongga yang tak berisi apapun akan dipenuhi oleh lendir dan jika sudah terkontaminasi dengan kuman akan berubah menjadi ingus.

Penyebab sinusitis pada anak sama dengan orang dewasa yaitu akibat infeksi bakteri atau virus. Sebaiknya para orang tua lebih waspada, apapun penyebab pilek pada anak, hendaknya tidak dibiarkan, apalagi sampai berkepanjangan.

Apakah sinusitis bisa sembuh dengan sendirinya?

Banyak orang yang merasa sangat terganggu dengan gejala sinusitis yang ditimbulkan. Kebanyakan penderitanya tidak tahan dan akhirnya memutuskan untuk operasi. Pada beberapa kasus penderita sinusitis melakukan operasi berkali-kali tapi tak kunjung sembuh.

Penyebab utama sinusitis kambuh setelah operasi adalah alergi. Seseoranga yang mempunyai alergi terhadap debu atau polusi udara dan alergen lainnya sangat rentan mengalami flu atau pilek. Tidak menutup kemungkinan, sinusitis akan kembali kambuh setelah melakukan operasi.

Umumnya ciri ciri sinusitis kambuh adalah sama seperti gejala sinusitis biasa, seperti hidung tersumbat, nyeri pada bagian wajah, batuk dan sakit kepala. Untuk kasus yang lebih parah maka bisa membuat Anda tidak bisa mencium sama sekali karena saking banyaknya lendir yang terdapat dan menutupi saluran pernapasan Anda.

Cara Pencegahan Sinusitis Kambuh

1. Minum cukup air putih

6-Cara-Mudah-Mencegah-Sinusitis-Agar-Tidak-Kambuh-Lagi

Selain sebagai cara mencegah infeksi saluran kemih, Banyak minum air putih adalah cara yang efektif untuk menjaga selaput lendir yang lembap dan tipis pada penderita sinusitis. Selaput lendir harus tetap terhidrasi untuk bekerja secara efisien sehingga dapat mengurangi risiko tertular infeksi virus.

2. Cuci tangan

Cuci tangan adalah langkah paling penting untuk menghindari penyebaran kuman atau virus dan resiko penularan penyakit menular lainnya, termasuk sinusitis dan tbc.

3. Hindari stress

6-Cara-Mudah-Mencegah-Sinusitis-Agar-Tidak-Kambuh-Lagi

Semakin lama stres bertahan, maka antibodi akan semakin melemah. Dan biasanya, ketika stres beberapa orang akan menggosok dan meniup hidung mereka lebih keras dari biasanya. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada daerah hidung, sehingga menjadi pintu masuk untuk peradangan sinus kambuh kembali.

4. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan dapat menjaga tubuh Anda tetap dalam keadaan prima. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan dan mengetahui makanan sehat untuk penderita sinusitis agar tidak kambuh kembali.

5. Menjaga kesehatan mulut

6-Cara-Mudah-Mencegah-Sinusitis-Agar-Tidak-Kambuh-Lagi

Menjaga kesehatan mulut dengan rajin gosok gigi, berkumur, menggosok lidah, serta menggunakan benang gigi, dapat mencegah sakit gigi dan sinusitis.

6. Hindari alergen

Hindari asap rokok, cerutu, dan pipa asap yang dapat mengganggu peradangan lanjut membran dalam hidung dan sinus. Anda tidak pelru menjauhi orang yang pilek dan yang memiliki infeksi saluran pernapasan atas, namun, setelah Anda melakukan kontak dengan mereka, cucilah tangan Anda dengan menggunakan sabun.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari kambuhnya sinusitis. Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu lakukanlah pencegahan sedini mungkin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *