Makanan Sehat Untuk Penderita Sinusitis

10-Makanan-Sehat-Untuk-Penderita-Sinusitis-Agar-Cepat-Sembuh

Menderita sinusitis memang sangat menganggu, bukan hanya menganggu masalah kesehatan tubuh, namun juga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari. Maka dari itu jangan pernah menyepelekan penyakit ini, pasalnya jika dibiarkan akan menyebabkan munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya.

Anda perlu waspada jika mengalami gejala penyakit sinusitis berupa keluar cairan kuning dari hidung, terciumnya bau busuk pada hidung, pilek terus menerus, bau nafas hingga dahi dan kepala terasa sakit. Hal tersebut menandakan kondisi harus segera diatasi dan diobati.

Ketika menjalani pengobatan tentunya penderita juga perlu melakukan diet sehat. Memperhatikan beberapa asupan makanan merupakan salah satu diet sehat. Selain dapat membantu proses penyembuhan sinusitis juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal bakteri penyebab sinusitis.

Lalu apa saja makanan yang cocok bagi penderita sinusitis?

1. Sayuran

Anjuran makanan sinusitis yang pertama adalah sayuran. Sayuran merupakan makanan tinggi serat yang sangat baik bagi penderita sinusitis. Beberapa sayuran yang cocok untuk dikonsumsi penderita sinusitis yaitu brokoli, lobak, tomat dan sayuran hijau lainnya.

2. Buah-buahan

Untuk melawan infeksi, Anda membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang bagus. Beberapa buah yang kaya akan vitamin C ini cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, diantaranya jambu biji merah, stroberi, jeruk, dan lainnya.

3. Makanan yang kaya akan omega 3

10-Makanan-Sehat-Untuk-Penderita-Sinusitis-Agar-Cepat-Sembuh

Kandungan omega 3 tertinggi terdapat dalam ikan laut. Asam lemak yang terdapat di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan atau mencegah infeksi sinus.

Lemak sehat ini dapat ditemukan dalam ikan tuna, ikan salmon, ikan makerel, serta ikan sarden. Selain kaya akan omega 3, ikan-ikan tersebut juga dapat menjaga kolesterol tubuh agar tetap stabil.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk mengurangi peradangan. Minyak kelapa memiliki berbagai kandungan gizi dan menawarkan kegiatan anti-mikroba terhadap jamur, virus dan bakteri, serta parasit.

Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa minyak kelapa sering dijadikan pengobatan tradisional untuk memerangi berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus dan merupakan makanan sehat untuk penderita penyakit liver juga.

5. Bawang putih

Bumbu dapur yang memiliki aroma khas ini dikenal memiliki anti-inflamasi. Tentunya, mengkonsumsi bawang putih secara langsung dapat membantu menangkal infeksi yang menjadi penyebab sinusitis.

6. Madu

10-Makanan-Sehat-Untuk-Penderita-Sinusitis-Agar-Cepat-Sembuh

Madu bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada sinus, meredakan batuk dan melegakan tenggorokan yang nyeri. Beberapa penelitian juga menunjukan madu dapat menjadi pengobatan yang lebih bagus bagi penyakit sinusitis dibandingkan dengan obat antibiotik, karena madu dapat membunuh mikroba yang resisten terhadap obat antibiotik.

Makanan sehat lainnya yaitu :

7. Kunyit
8. Telur
9. Teh hijau
10. Air jahe

Selain mengonsumsi beberapa makanan diatas Andapun dianjurkan untuk menghindari beberapa pantangan sinusitis sebelum keadaan semakin akut dan sulit disembuhkan seperti makanan pedas, makanan berlemak, mainuman beralkohol dan berkafein. Selain menjadi pantangan makanan tersebut merupakan makanan penyebab sinusitis yang wajib Anda hindari.

Untuk menghindari beberapa bahaya sinusitis, Anda perlu mengetahui cara mencegah sinusitis sedini mungkin agar resiko terkena sinusitis semakin terminimalisir.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *