Penyebab Kolesterol Tinggi Di Usia Muda

Pada dasarnya kolesterol memiliki peranan baik untuk tubuh yakni untuk membentuk sel-sel baru sehingga organ tubuh dapat bekerja optimal. Namun jika kandungan kolesterol dalam tubuh berlebih maka bisa menimbulkan dampak atau akibat buruk bagi kesehatan.

Kolesterol tinggi dapat terjadi pada siapapun termasuk pada usia muda. Maka dari itu Anda perlu waspada, bukan berarti usia muda dapat aman dari segala penyakit berbahaya. Karna jika kita tidak menghindari penyebabnya maka resiko kolesterol tinggi pun akan semakin besar.

8-Penyebab-Kolesterol-Tinggi-Di-Usia-Muda-&-Resiko-Bahayanya

Banyak faktor yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan yang paling utama adalah gaya hidup yang tidak sehat. Berikut beberapa penyebab kolesterol tinggi secara umum :

  1. Obesitas
  2. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  3. Sering mengonsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi (makanan dengan lemak jenuh tinggi)
  4. Jarang berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik
  5. Sering merokok
  6. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein
  7. Menderita diabetes
  8. Pola makan yang tidak sehat

Namun menurut sebuah penelitian pada kasus yang sering terjadi bahwa penyebab kolesterol tinggi di usia muda adalah akibat obesitas/kegemukan, kurang olahraga dan pola makan yang terlalu banyak gula serta junk food.

Pola makan yang kurang sehat jika tidak diimbangi dengan olahgraga atau aktivitas fisik yang cukup, akibatnya kalori akan menumpuk dan menjadi lemak. Sehingga bukan hanya memicu kolesterol tinggi saja, namun jika kondisi sudah tergolong parah maka resiko terkena penyakit jantung seperti jantung koroner dan stroke akan semakin besar.

Anda perlu waspada jika Anda mengalami beberapa gejala atau kolesterol tinggi di usia muda seperti pusing, nyeri dada, terasa kesemutan, sakit kaki dan tangan, mudah lelah, dan kehilangan keseimbangan.

Jika Anda beresiko terkena kolesterol tinggi atau saat ini memiliki kadar kolesterol tinggi maka langkah utama yang sebaiknya dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi atau menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh adalah mengubah gaya hidup ke yang lebih sehat.

Anda juga sebaiknya mengetahui apa saja makanan penurun kolesterol tinggi yang baik dan direkomendasikan agar penyembuhan berjalan optimal dan cepat.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *