Pantangan Makanan Kelenjar Getah Bening

Penyakit kelenjar getah bening dapat terjadi pada siapa saja termasuk pada anak-anak sekalipun. Sebenarnya kelenjar getah bening sendiri merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang bisa membantu melawan infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, atau lainnya.

Hindari-7-Pantangan-Makanan-Penderita-Kelenjar-Getah-Bening

Meskipun pembengkakan kelenjar getah bening adalah kasus yang cukup umum, bukan berarti kondisi ini tidak membahayakan sama sekali. Dalam beberapa kasus, pembengkakan kelenjar getah bening mungkin saja menandakan kanker getah bening limfoma Hodgkin dan kanker getah bening limfoma non-Hodgkin.

Untuk Itu Anda perlu waspada dan segera ketahui gejala awal penyakit kelenjar getah bening sedini mungkin untuk menghindari resiko bahayanya.

Dalam beberapa kasus, pembengkakan kelenjar getah bening bisa sembuh dengan sendirinya, tanpa obat-obatan dari dokter. Ini kalau penyebab penyakitnya cukup ringan seperti influenza atau keracunan makanan. Akan tetapi, bila kondisi Anda cukup serius dan disebabkan oleh penyakit yang parah, Anda akan membutuhkan pertolongan yang lebih serius.

Selain dengan pengobatan, penyembuhan penyakit kelenjar getah bening pun harus Anda dukung dengan selektif lagi dalam memilih asupan makanan. Karena jika salah dalam mengonsumsi makanan, bukan tidak mungkin gejala yang ada akan semakin parah.

Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Kelenjar Getah Bening

  • Daging unggas
Hindari-7-Pantangan-Makanan-Penderita-Kelenjar-Getah-Bening

Pertumbuhan unggas/ternak biasanya didukung oleh obat-obatan kimia yang mengandung hormon kemudian disuntikan kedalam hewan agar bobot unggas dapat meningkat cepat. Hormon itulah yang akan memperburuk kondisi pembengkakan kelenjar getah bening.

  • Makanan yang diawetkan

Makanan yang diberi bahan pengawet mengandung senyawa kimia yang dapat berubah menjadi karsinogen aktif sehingga mendorong sel kanker juga untuk tumbuh.

  • Buah buahan tertentu

Lengkeng , nangka, Durian, duku, nanas, dan anggur menghasilkan alkohol sehingga merangsang berkembangnya sel kanker dan dapat memperburuk kondisi kelenjar getah bening.

  • Makanan yang di bakar
Hindari-7-Pantangan-Makanan-Penderita-Kelenjar-Getah-Bening

Hal ini di karenakan, pada bagian yang telah gosongnya menjadi terdapat kandungan karsinogen. Yang sudah sangat jelas dan sangat tidak baik apabila di konsumsi oleh penderita.

  • Sayuran tertentu

Tauge, sawi putih dan cabai merupakan makanan yang tidak baik untuk penderita kelenjar getah bening, hal ini karena mengandung karsinogen yang memicu pembengkakan semakin besar.

  • Makanan dengan kandungan lemak tinggi

Gorengan dan makanan bersantan mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi . Selain dapat meningkatkan resiko kolesterol tinggi juga tidak baik bagi kondisi pembengkakan kelenjar getah bening.

  • Minuman bersoda, beralkohol dan berkafein

Minuman tersebut mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat memperburuk dan memperparah kondisi pembengkakan kelenjar getah bening.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kelenjar getah bening. Jika tetap dikonsumsi maka bukan tidak mungkin penyakit tersebut dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain yang lebih berbahaya.

Bahaya pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat muncul jika tidak segera diobati seperti pembentukan abses, infeksi aliran darah, dan radang tenggorokan, hal tersebut karena bakteri semakin berkembang sampai menginfeksi organ lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *