Gejala Awal Penyakit Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening atau limfadenopati merupakan suatu keadaan dimana kelenjar getah bening mengalami pembesaran sebagai tanda reaksi atas terjadinya infeksi ataupun keganasan dalam tubuh.

Letak kelenjar getah bening sendiri berada di beberapa bagian tubuh yang berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Kenali-7-Gejala-Awal-Penyakit-Kelenjar-Getah-Bening-Bengkak

Beberapa letak dimana kelenjar getah bening berada beserta alasan pembengkakannya, diantaranya :

  • Leher – disebabkan oleh influenza, infeksi telinga, gigi ataupun sinus, infeksi pada kulit atau luka di area ini, cedera, radang tenggorokan hingga tumor
  • Selangkangan – disebabkan oleh infeksi menular seksual seperti sifilis dan gonore.
  • Ketiak – disebabkan oleh infeksi ataupun cedera pada tangan dan lengan.

Selain itu, beberapa kondisi yang lebih serius seperti kanker dan beberapa penyakit autoimun seperti HIV/AIDS, rheumatoid arthritis atau rematik dan lupus eritematosus sistemik juga dapat menjadi penyebab dari pembengkakan kelenjar getah bening.

Ciri Dan Tanda Awal Penyakit Kelenjar Getah Bening

  1. Kelenjar getah bening membengkak tanpa sebab yang jelas disertai badan yang terasa lemah
  2. Terasa nyeri saat ditekan
  3. Pembengkakan dapat terjadi lebih dari 2 minggu disertai ukuran yang terus membesar
  4. Demam
  5. Berkeringat di malam hari
  6. Penurunan berat badan secara drastis
  7. Mengalami sakit tenggorokan dan kesulitan menelan

Jika Anda melihat adanya tanda-tanda getah bening seperti di atas, khususnya jika sebagian besar Anda rasakan dalam waktu bersamaan, sebaiknya segera datang dan periksa ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya.

Jika sudah terdiagnosis Anda disarankan untuk mengetahui makanan yang baik untuk penderita kelenjar getah bening yang mampu membantu mengempiskan pembengkakan yang ada.

Pemeriksaan medis dapat dilakukan dengan metode eksisional biopsi ataupun insisional biopsi. Tes darah juga membantu, untuk mengetahui jumlah sel darah putih. Sekalipun ciri-cirinya sudah terlihat jelas, pemeriksaan medis akan membantu dokter untuk melihat keparahan kelenjar getah bening apakah sudah termasuk kanker atau bukan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *