Pantangan Makanan Sakit Tipes

10-Pantangan-Makanan-Yang-Wajib-Dihindari-Ketika-Sakit-Tipes

Penyakit tipes disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi yang ditemukan pada aliran darah. Diperlukan kesabaran yang tinggi dalam melakukan perawatan penyakit ini, hal tersebut karena penyakit tipes membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa sembuh total.

Selama perawatan Anda juga perlu memperhatikan dan mengetahui beberapa asupan makanan yang baik untuk penderita tipes , agar penyembuhan dapat berjalan optimal dan lebih cepat.

Anda juga perlu menghindari beberapa pantangan makanan yang sebaiknya dihindari bagi penderita penyakit tipes, berikut beberapa pantangannya :

1. Sayuran berserat tinggi

10-Pantangan-Makanan-Yang-Wajib-Dihindari-Ketika-Sakit-Tipes

Mentimun, sayur singkong, daun pepaya, dan labu serta sayur tanpa dimasak terlebih dahulu merupakana salah satu makanan berserat tinggi. Kandungan serat tinggi tersebut dapat menyebabkan kontraksi pada pencernaan penderita tipes.

2. Buah-buahan

Ada beberapa buah yang menjadi pantangan dan sangat tidak dianjurkan untuk penderita tipes, diantaranya adalah apel, jambu biji, jeruk, dan buah asam. Buah tersebut mengndung asam yang tinggi sehingga tidak baik untuk pencernaan.

3. Makanan berlemak

10-Pantangan-Makanan-Yang-Wajib-Dihindari-Ketika-Sakit-Tipes

Makanan berlemak termasuk makanan bersantan membutuhkan proses yang lama untuk dicerna. Dengan kata lain jika pasien tipes mengonsumsi makanan berlemak tersebut maka ususnya yang justru sedang bermasalah akan dipaksa untuk bekerja, dan secara tidak langsung dapat membuat kondisi semakin parah.

4. Makanan pedas

Makanan pedas memang mengundang selera, namun tidak baik untuk penderita tipes. Saat mengalami sakit tipes, usus akan mengalami luka akibat infeksi salmonella typhi, apabila diberi makanan pedas maka organ pencernaan terutama usus akan mengalam rasa panas hingga terjadi pembengkakan atau mungkin pendarahan.

5. Makanan instan

10-Pantangan-Makanan-Yang-Wajib-Dihindari-Ketika-Sakit-Tipes

Mie instan, makanan kaleng dan bumbu instan sebaiknya dibhindari karena banyak mengandung pengawet, bahan pewarna ataupun senyawa kimia lainnya.

6. Minuman bersoda, berkafein dan beralkohol

Minuman berkafeinseperti kopi bisa memicu naiknya tingkat asam lambung sehngga lapisan mukosa akan terkikis dan akhirnya terjadi pendarahan. Tidak hanya itu saja, minuman berosda atau beralkohol pun akan menimbulkan efek samping yang lebih parah.

7. Kacang-kacangan

10-Pantangan-Makanan-Yang-Wajib-Dihindari-Ketika-Sakit-Tipes

Seseorang yang mengalami sakit tipes untuk sementara waktu tidak disarankan mengonsumsi dari jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, hijau, kacang tanah maupun kacang kedelai.

8. Daging sapi dan daging ayam

Daging sapi dan daging ayam memiliki serat yang kasar sehingga dapat membuat lambung semakin parah. Hal ini karena lambung akan bekerja lebih keras dari biasanya dalam mencerna makanan yang satu ini.

9. Ikan asin

Ikan asin juga memiliki kandungan serat yang tidak diperkenankan bagi penderita tipes sebab memungkinkan lambung akan kerja keras dalam mencernanya.

10. Beras ketan

Ketan merah memiliki tekstur lengket, dan kempel. Sehingga ketika masuh ke dalam tubuh maka akan mengakibatkan sistem produksi bekerja secara maksimal. Hal ini yang kemudian akan mengganggu dalam proses pemulihan lambung yang terkena inveksi tipes.

Sebaiknya daftar makanan diatas dihindari jika Anda tidak ingin kondisi tipes semakin parah. Adapun beberapa hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami tipes diantaranya tidak boleh banyak bergerak dan tidak diperbolehkan mandi. Namun bukan berarti tidak boleh terkena air. Untuk mengatasinya sebaiknya mandi di tempat tidur dengan cara dila waslap menggunakan air hangat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *