Manfaat Daun Sirih

10-Manfaat-Daun-Sirih-Untuk-Kesehatan-Organ-Kewanitaan

Daun sirih adalah salah satu tanaman yang sangat mudah Anda temukan disekitar Anda. Begitu banyak manfaat daun sirih yang bisa kita ambil salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga organ kewanitaan wanita.

Daun sirih sendiri terbagi ke dalam 3 jenis, diantaranya adalah daun sirih hijau, daun sirih merah dan juga daun sirih hitam. Ketiganya memiliki manfaat dan juga khasiat yang sama baiknya. Untuk kesehatan daun sirih sendiri di ketahui mampu :

  • Menyembuhkan penyakit asma
  • Menyembuhkan radang tenggorokan
  • Mengobati sakit dan iritasi pada mata
  • Melancarkan haid berkepanjangan
  • Menghilangkan bau mulut
  • Membersihkan rongga mulut dari kuman
  • Mengobati sariawan dan sakit gusi
  • Mengobati demam berdarah
  • Mengobati penyakit bronkitis
  • Sebagai obat penyakit jantung
  • Menyembuhkan tukak lambung
  • Dan pengobatan luka bakar ringan

Manfaat Daun Sirih Untuk Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

10-Manfaat-Daun-Sirih-Untuk-Kesehatan-Organ-Kewanitaan

1. Menyembuhkan keputihan

Bila tak disertai gatal dan bau tak sedap, mungkin keputihan takkan terlalu mengganggu aktivitas seorang wanita. Namun jika sebaliknya yang terjadi, maka jelas bahwa gangguan ini harus diatasi. Salah satu cara alami menyembuhkan keputihan adalah dengan memanfaatkan air rebusan sirih untuk membasuh area keintiman.

Selain menggunakan air rebusan sirih itu sendiri untuk dikonsumsi dan membersihkan organ intim, Anda juga boleh menambahkan bangle, kunyit, serta batang krangean ke dalam campuran tersebut.

2. Mengurangi nyeri haid

Siklus datang bulan yang tidak teratur dan nyeri haid juga bisa diminimalisir dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih. Anda juga boleh menambahkan mahkota dewa serta umbi dewa ke dalam air rebusan sirih tadi.

4. Menghilangkan gatal

Untuk meredakan gatal pada organ keintiman, Anda bisa merebus daun sirih dengan sedikit asam kawak. Gunakan sebagian air rebusan tadi untuk dikonsumsi, dan pakailah sisanya untuk membasuh organ keintiman. Lakukan secara teratur hingga gatal hilang.

5. Menghilangkan bau tak sedap

Kandungan antioksidan betiephenol, eugenol, serta chavicol yang ada dalam minyak atsiri daun sirih berguna untuk membunuh kuman serta mencegah radang. Oleh sebab itu, daun sirih sangat berjasa untuk melenyapkan aroma tak sedap, baik itu pada mulut, badan, hingga organ keintiman.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengambil dan merebus beberapa lembar daun sirih yang sudah tua, lalu mengonsumsi air rebusannya. Alternatif lain untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan menumbuk dan mengoleskan daun sirih ke area ketiak setiap hari.

6. Mencegah penyakit ISK

Daun sirih juga sangat baik dalam mencegah serta mengobati penyakit infeksi saluran kemih. Namun agar pengobatan dan pencegahan berjalan optimal Anda perlu mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang memicu infeksi saluran kemih.

Demikianlah beberapa manfaat daun sirih bagi wanita yang bisa Anda peroleh. Bukan hanya untuk organ kewanitaan, ternyata daun sirih juga sangat baik untuk kesehatan kulit wajah lho. Salah satunya untuk mencegah jerawat.

Anda bisa melakukan pengolahan daun sirih, namun jika masih ragu ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Semoga bermanfaat.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *