Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Infeksi saluran kemih memang rentan terjadi pada wanita, namun bukan berarti pria tidak bisa terkena penyakit ini. Siapapun bisa terkena penyakit infeksi saluran kemih termasuk anak-anak bahkan ibu hamil.

Namun infeksi saluran kencing pada pria jarang sekali terjadi pada usia muda, dan lebih sering terjadi pada pria berusia diatas 50 tahun. Jika tidak segera diobati maka bisa menyebabkan radang prostat, epididimis, dan berisiko mengganggu masalah kesuburan.

Wajib-Tahu!-10-Gejala-Infeksi-Saluran-Kencing-Pada-Pria

Penyebab infeksi saluran kandung kemih pada pria dewasa adalah sama dengan ISK pada wanita yaitu akibat bakteri E.colli. Selain usia ternyata ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan seseorang terkena infeksi saluran kemih diantaranya yaitu batu ginjal, diabetes, pembesaran kelenjar prostat, dan penggunaan kateter atau saluran kencing.

Tanda Dan Gejala ISK Pada Pria

  1. Nyeri atau perih saat buang air kecil
  2. Anyang-anyangan
  3. Volume urin sering sedikit
  4. Nyeri atau merasa ada tekanan pada panggul
  5. Nyeri pada perut bagian bawah
  6. Urin mengeluarkan bau menyengat
  7. Perubahan warna urin yng menjadi keruh dan gelap
  8. Tidak enak badan atau mudah lelah
  9. Merasa urin tidak sepenuhnya keluar saat kencing
  10. Cairan yang merembes dari penis

Namun terkadang penderita tidak menunjukan gejala apa-apa dalam hal buang air kecil, umumnya mereka hanya merasa tidak enak badan disertai rasa bingung atau linglung.

Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas maka segeralah lakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya. Dokter akan melakukan tes urin dan darah dan memberikan antibiotik.

Untuk mendukung pengobatan Anda juga sebaiknya menghindari dan mengetahui kebiasaan buruk yang memicu infeksi saluran kemih.  Jangan lupa juga imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, minimal 8 gelas setiap harinya. Lakukan juga olahraga secara rutin dengan teratur minimal 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *