Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

10-Manfaat-Lidah-Buaya-Untuk- Wajah-Rambut-Dan-Kulit

Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang banyak mengandung air. Tumbuhan ini biasanya memang dibudidayakan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh dan pengobatan tetapi juga untuk kecantikan, salah satunya bagian wajah.

Akan tetapi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan lidah buaya yang sudah dikemas dalam bentuk gel, alangkah baiknya jika Anda menggunakan tanaman lidah buaya yang asli, sehingga akan terhindar dari berbagai efek samping yang membahayakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat lidah buaya yang sangat baik untuk kecantikan, diantaranya :

  • Mencegah penuaan dini

Lidah buaya memiliki antioksidan seperti betakaroten, vitamin C dan E yang berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mampu menjaganya agar tetap terhidrasi. Cobalah untuk rutin mengoleskan gel dari daging lidah buaya ke kulit wajah.

  • Merangsang pertumbuhan alis

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencelupkan kuas maskara bersih ke gel aloe vera, lalu mengusapkannya ke alis untuk merapikannya. Anda bisa juga mencampurkan gel lidah buaya dan minyak castor dengan perbandingan sama, ramuan ini ternyata efektif untuk mempercepat pertumbuhan alis.

  • Mengobati jerawat

Mengoleskan gel yang terdapat dalam daging lidah buaya pun bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang terdapat dalam tumbuhan lidah buaya yang paling berperan dalam mencegah, bahkan mengobati jerawat yang ada di wajah.

Gel lidah buaya juga mengandung saponin dan astringent yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih di wajah.

  • Melembabkan kulit wajah

Rutin mengoleskan lidah buaya ternyata bisa membantu menjaga kulit wajah tetap lembab. Hal ini penting karena kulit wajah yang kering dapat memicu berbagai masalah. Mulai dari kulit yang terlalu kering, kuit wajah bersisik, dan tumbuhnya jerawat. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada wajah pun dapat meningkatkan elastisitas kulit.

  • Membantu mencerahkan wajah

Meskipun tidak membuat wajah Anda menjadi tampak lebih putih, akan tetapi lidah buaya dapat membantu membuat wajah tampak lebih cerah dan berseri. Hal ini karena kandungan vitamin A dan E yang ada di dalamnya.

  • Makeup remover

Lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai bahan alami yang dapat menghapus sisa makeup di wajah. Dan untuk maskara atau eyeliner yang biasanya lebih sulit dihapus, Anda dapat mencampurkan gel aloe vera dengan minyak zaitun murni.

  • Menenangkan kulit iritasi

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah dibekukan untuk menenangkan kulit iritasi akibat paparan sinar matahari berlebih, sengatan serangga, dan bahkan psoriasis.

  • Mengikis sel kulit mati

Anda juga dapat menggunakan aloe vera untuk mengikis sel kulit mati. Caranya campurkan saja 1/2 cangkir aloe vera dengan sedikit gula atau baking soda sehingga tercipta adonan berpasir. Gosokkan ke wajah dan bagian tubuh lain seperti siku, tumit, lengan , saat mandi dengan gerakan melingkar.

Demikian beberapa manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan untuk merawat sekaligus menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu manfaat lain lidah buaya untuk kesehatan diantaranya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membasmi plak gigi, menjaga kadar asam tubuh, membantu proses detoksifikasi, menjaga kesehatan kardiovaskular, dan sebagai sumber vitamin serta mineral.

Sedangkan untuk perawatan rambut sendiri Anda bisa mengaplikasikannya dengan cara dibuat masker dan gunakan 2 hari sekali sebelum keramas. Hal itu bertujuan untuk menguatkan akar rambut, menghitamkan rambut, menghilangkan ketombe dan membuat rambut berkilau.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *