Manfaat Daun Sukun

Selama ini tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata daun sukun memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan. Padahal selain dapat dijadikan lalab atau dibuat keripik, daun sukun juga dapat digunakan sebagai obat mujarab dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

15-Manfaat-Daun-Sukun-Untuk-Kesehatan-&-Cara-Pengolahannya

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa terdapat beberapa senyawa kuat pada daun sukun, seperti zat anti inflamasi, riboflavin, asam hidrosianat, asetikolan dan juga tanin. Daun sukun juga mengandung zat antioksidan tinggi dan beberapa jenis mineral lainnya.

Berikut beberapa manfaat daun sukun untuk kesehatan secara umum , diantaranya :

  • Mencegah dan mengobati peradangan

Daun sukun sangat efektif dalam membantu menyembuhkan beberapa jenis peradangan seperti radang panggul dan jenis peradangan lainnya.

  • Mengobati penyakit ginjal

Anda bisa memanfaatkan daun sukun sebagai bahan atauj obat untuk mengatasi sakit ginjal. Hal ini karna kandungan senyawa dalam daun sukun mampu mendorong efek duretik.

  • Mengobati asam urat

Daun sukun memiliki sifat antiinflamasi sehingga sangat baik untuk menurunkan resiko masalah peradangan sendi dan menyembuhkan asam urat.

  • Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Daun sukun ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol akan keluar dari bagian darah dan menjadi sisa-sisa metabolisme yang akan keluar lewat air seni atau tinja.

  • Menurunkan resiko penyakit jantung

Daun sukun dapat membuat tekanan darah dan aliran darah pada pembuluh darah menjadi lebih baik. Sehingga efek dalam jangka lama bisa membuat jantung menjadi lebih sehat.

  • Mengobati penyakit liver

Daun sukun kering yang sudah direbus dan dijadikan dalam bentuk teh bisa bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan hati. Beberapa jenis senyawa seperti asetilkolin dalam daun sukun juga sangat baik untuk melawan peradangan.

  • Mengatasi penyakit pembesaran limpa

Hormon dan enzim dalam tubuh yang rusak membuat limpa tidak berfungsi dengan normal. Manfaat daun sukun untuk kesehatan lainnya yaitu sebagai detoksifikasi dan anti racun dalam tubuh.

  • Mengobati sakit gigi

Daun sukun ini memiliki kandungan anti racun yang berfungsi dapat membantu menyembuhkan sakit gigi dengan membunuh kuman pada lubang atau sela-sela gigi. Cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan manfaat ini yaitu dengan cara berkumur-kumur dengan teh daun sukun yang telah di rebus.

  • Menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI, menunjukkan bahwa senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun sukun dapat digunakan sebagai anti diabetes yang kuat.

  • Mengobati sakit maag

Daun sukun memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menstabilkan keadaan asam lambung sehingga dipercaya dapat meredakan sakit maag. Selain itu, kandungan lainnya yang terdapat dalam daun sukun seperti riboflavin, hidrosianat, tannin, polifenol, hidrosianat sangat baik untuk melindungi membran mukosa usus dan menangkal bahan kimia penyebab kanker usus besar.

Daun sukun juga bermanfaat untuk membantu program diet, anti pendarahan, mengobati alergi, menangkal pembentukan sel kanker, penambah nafsu makan, menambah daya ingat, menyembuhkan kista bartholin dan kista ovarium, serta sangat baik untuk penderita wasir atau ambeien.

Agar khasiat serta manfaat yang terkandung dalam daun herbal ini bisa diserap maksimal oleh tubuh dan untuk menghindari terjadinya efek samping keracunan yang berbahaya bagi kesehatan, Anda harus mengetahui cara pengolahan daun sukun yang benar.

  1. Usahakan memilih daun yang sudah tua atau akan lebih baik daun yang warnanya kuning.
  2. Hindari mengambil daun yang sudah jatuh ke tanah, jadi agar khasiat daun sukun bisa maksimal sebaiknya langsung memetik dari pohonnya.
  3. Hindari mengolah daun yang cacat (banyak lubang, kotor, warna tidak merata). Biasakan mencuci dengan air mengalir sebelum mengolah daun sukun.
  4. Jika olahan herbal menggunakan daun kering, jemur dibawah sinar matahari sampai mereka benar-benar kering.
  5. Cara merebus daun sukun yang benar hendaknya selalu memakai gerabah tanah liat atau paling tidak panci stainless steel. Hindari memakai panci aluminium karena zat pada daun bisa menimbulkan reaksi yang beresiko membahayakan kesehatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *