Gejala Awal Gagal Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia, maka dari itu jika ginjal mengalami gangguan akan berakibat fatal bagi tubuh. Jika tidak segera diobati, dapat mempengaruhi kinerja ginjal juga dapat memicu komplikasi penyakit yang lebih berbahaya.

10-Gejala-Awal-Gagal-Ginjal-Yang-Tidak-Pernah-Anda-Sadari

Jika seorang mengalami gagal ginjal, artinya ginjal tersebut tidak dapat menyaring kotoran, tidak mampu mengontrol jumlah air dalam tubuh dan tidak bisa mengendalikan tekanan darah.

Gagal ginjal dikatakan kronis jika kerusakan ginjal dan penurunan fungsi yang berlangsung lebih dari 3 bulan. Pada umumnya gejala gagal ginjal sulit terdeteksi. Pasalnya penyakit ini dapat dimulai dari gejala gagal ginjal yang ringan dan samar-samar. Namun perlahan tapi pasti penyakit ini akan semakin parah dari waktu ke waktu.

Berikut Gejala Awal Gagal Ginjal Yang Harus Anda Waspadai, diantaranya yaitu :

  • Perubahan warna pada urin

Ketika ginjal mengalami masalah maka ada beberapa perubahan pola dan warna air kencing seperti urin yang berbusa, kebiasaan kencing pada malam hari, urin berwarna pucat dan terkadang ditemukan darah.

  • Kulit gatal dan sangat kering

Ketika ginjal memang sudah kehilangan fungsinya maka bisa menyebabkan penumpukan limbah berlebihan dalam darah. Kondisi ini kemudian akan menjadi lebih parah karena limbah atau racun yang menumpuk menyebabkan gatal di sekujur tubuh dan muncul ruam kemerahan.

  • Nafsu makan menurun

Ginjal yang buruk menyebabkan banyak penumpukan racun dalam tubuh. Racun tersebut dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh dan menyebabkan penderitanya menjadi sulit makan.

  • Mual dan muntah

Penderita gagal ginjal kronis yang sudah mengalami uremia dia akan mudah sekali merasakan mual bahkan juga muntah. Semua makanan yang masuk ke dalam mulutnya semua terasa busuk.

  • Bengkak di beberapa bagian tubuh seperti mata dan pergelangan kaki

Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal, maka ada banyak cairan ekstra yang gagal dibuang oleh tubuh, cairan ini akan menempati ruang dimana saja dalam tubuh dan mengakibatkan pembengkakan.

  • Bau mulut

Kerusakan ginjal akan menyebabkan fungsi filtrasi ginjal tidak berjalan sehingga banyak zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh dan menyebabkan produksi amonia dalam tubuh meningkat sehingga memicu bau mulut.

  • Kesulitan bernafas

Kegagalan tubuh untuk bisa bernafas dengan baik terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh akibat ginjal tidak bisa bekerja dengan baik telah masuk ke dalam rongga paru-paru. Kondisi inilah yang menyebabkan organ pernafasan tidak bisa berjalan dengan baik.

  • Sakit kepala berat dan sulit berkonsentrasi

Penyebabnya adalah ketika tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dalam jumlah cukup akibat kekurangan sel darah merah. Bahkan otak juga tidak bisa memiliki kadar oksigen dalam jumlah yang cukup sehingga mengakibatkan sakit kepala dan sulit berkonsentrasi.

  • Terjadinya kram otot

Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit akibat gangguan fungsi ginjal

  • Nyeri pinggang

Nyeri pinggang atau nyeri punggung bagian belakang merupakan gejala gagal ginjal yang umum terjadi. Nyeri punggung itu tidak akan menghilang dalam waktu yang lama.

Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas ada baiknya Anda pertimbangkan dengan memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab gejala tersebut. Karena jika terus dibiarkan maka dapat memicu resiko munculnya penyakit lain.

Untuk menghindarinya ada baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan. Berikut beberapa tips mencegah gagal ginjal :

  1. Mengonsumsi buah pencegah gagal ginjal seperti semangka , anggur dan apel.
  2. Hindari kebiasaan merokok
  3. Menghindari makanan dnegan kadar garam tinggi
  4. Mengonsumsi cukup air putih minimal 8 gelas setiap harinya
  5. Melakukan olahraga rutin

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *