Cara Mencegah Gondongan

Cara-Mudah-Mencegah-Gondongan-Pada-Anak-&-Orang-Dewasa

Seperti yang telah diketahui, gondongan merupakan salah satu penyakit yang mudah menular. Penularannya pun dapat terjadi begitu cepat, terlebih pada orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka resiko penularannya pun akan semakin besar.

Masa inkubasi penyakit gondongan adalah sekitar 2 minggu. Artinya ketika seseorang tertular virus penyebab gondongan maka baru 2 minggu kemudian gejala gondongan dapat muncul atau terjadi.

Saat virus penyebab gondongan masuk ke dalam tubuh, virus kemudian akan bergerak dari saluran pernafasan (hidung, mulut dan tenggorokan) ke kelenjar air liur parotis, lalu tumbuh dan berkembang biak disana. Proses inilah yang menyebabkan kelenjar parotis menjadi bengkak.

Setelah itu biasanya penderita akan merasakan nyeri saat mengunyah dan menelan, dan rasa nyeri ini akan bertambah hebat bila seseorang itu menelan cairan asam, seperti cuka dan air jeruk.

Kelenjar-kelenjar di bawah dagu mungkin juga akan membesar dan membengkak, dan sering disertai demam. Pembengkakan akan berlangsung selama dua hingga tiga hari baru kemudian mereda. Penderita juga mungkin akan mengalami sakit kepala, mulut kering, dan rasa letih yang hebat.

Pencegahan Penyakit Gondongan

Vaksin MMR merupakan metode terbaik untuk mencegah seseorang agar terhindar dari penyakit gondongan. Vaksin ini juga sekaligus memberikan perlindungan terhadap penyakit rubella dan campak.

Selain anak-anak, dewasa pun dapat diberikan MMR pada usia berapa saja. Dokter mungkin menyarankan seseorang untuk mendapatkan vaksin MMR sebelum bepergian ke luar negeri atau ke daerah tertentu, termasuk India, Negara bagian Afrika, Asia Tenggara, Jepang, Pakistan dimana tingkat kejadian gondongan termasuk tinggi.

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam mencegah gondongan adalah memutus mata rantai penyebaran virus, yaitu dengan:

  • Sering mencuci tangan dengan air dan sabun
  • Tidak menyentuh hidung, mulut, dan area wajah sebelum mencuci tangan.
  • Pertimbangkan untuk tidak masuk kerja/sekolah sampai 5 hari setelah gejala gondongan muncul.
  • Menutup hidung dan mulut dengan tisu saat bersin atau batuk.

Namun karena penyakit gondongan adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, ada kemungkinan besar saat Anda telah menjalankan cara – cara di atas, Anda tetap bisa terserang penyakit gondongan.

Biasanya jika Anda terkena penyakit gondongan setelah melakukan vaksinasi MMR, kondisi penyakit yang menyerang tubuh Anda tidak begitu parah dan dapat sembuh dalam waktu yang singkat tergantung daya tahan tubuh Anda saat itu.

Maka dari itu Anda harus tetap menjaga kesehatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dengan cara merubah gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *