Manfaat Dan Efek Samping Daun Pegagan

Manfaat-Dan-Efek-Samping-Daun-Pegagan-Bagi-Kesehatan-Tubuh

Daun pegagan atau yang bernama latin Centella Asiatica ini merupakan salah satu tanaman yang sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat tradisional karena sangat baik untuk kesehatan, pengobatan dan juga kecantikan. Manfaat daun pegagan bagi kesehatan tubuh diantaranya untuk pengobatan infeksi bakteri, virus maupun parasit seperti infeksi saluran kemih.

Tanaman ini memiliki berbagai senyawa kimia seperti asiaticoside, isothankuniside, thankuniside, madecassoside, brahminoside, brahmoside, brahmic acid, meso-inositol, madasiatic acid, carotenoids, dan centellose.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai kandungan nutrisi dan senyawa alami lainnya yang terdapat didalam daun pegagan, kini giliran Anda kembali untuk mengetahui berbagai khasiat dan manfaat yang terdapat didalamnya. Namun, agar Anda tidak salah dalam memahami berbagai khasiat daun pegagan tersebut, berikut akan akan kami informasikan rincian penjelasan mengenai kegunaan daun ini bagi kesehatan Anda.

  • Membantu mempercepat penyembuhan luka

Secara tradisional, beragam tipe luka luar dapat disembuhkan dengan mengoleskan pegagan. Hal tersebut disebabkan karena kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan berkhasiat untuk menyembuhkan luka. Pegagan juga dapat meningkatkan sintetis kolagen pada area luka sehingga mempercepat proses penyembuhan. Sayangnya, pernyataan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Melancarkan peredaran darah

Khasiat daun pegagan untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh juga cukup efektif. Peredaran darah yang lancar sendiri akan mencegah terjadinya berbagai penyakit penyumbatan pembuluh darah, sehingga tubuh Anda menjadi lebih sehat.

  • Meningkatkan daya ingat

Jika Anda kini sering lupa atau bahkan telah mengalami kepikunan, sebaiknya segera atasi diantaranya dengan alternatif daun pegagan ini. Penyakit yang umumnya sering kali diderita oleh orang yang berusia lanjut ini juga tak jarang mereka yang masih berusia muda. Nah dengan memanfaatkan daun ini maka daya ingat Anda akan semakin kuat dan akurat.

  • Menyamarkan Strech Marks

Guratan pada paha, perut atas, dan payudara atau biasa disebut stretch marks dipercaya bisa disamarkan dengan mengoleskan pegagan. Di mana herba ini mampu meningkatkan produksi kolagen tubuh berkat kandungan senyawa organik alami terpenoid. Tak hanya menyamarkan guratan yang telah ada, pegagan juga disebut dapat mencegah munculnya guratan baru.

  • Bersifat antidepresan

Mengandung senyawa triterpenes dan imipramine, pegagan dapat menyeimbangkan kadar asam amino. Hal tersebut menjadikan pegagan berpotensi menjadi obat antidepresan di mana kekurangan asam amino dapat memicu depresi.

Selain mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh kita, daun pegagan juga mempunyai dampak buruk atau efek samping. Menurut penelitan menunjukkan bahwa daun pegagan mengandung asiatikosida dan thankunisida yang ternyata mempunyai pengaruh dampak negatif terhadap kesuburan. Apabila kondisi ini terus dibiarkan dan Anda terus rutin mengkonsumsi daun pegagan dalam jangka panjang, maka dikhawatirkan Anda dapat mengalami kemandulan.

Dan bagi penderita penyakit hepatitis , seseorang yang baru atau akan menjalani operasi, konsumsi pegagan tidak disarankan karena dapat memperburuk kondisi hati.

Jika terjadi efek samping seperti rasa gatal atau panas terbakar pada kulit, naiknya tekanan darah, sakit kepala, pusing dan mual. Penting bagi anda untuk menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tentunya diagnosa dari dokter lebih akurat apakah pengobatan Anda menggunakan daun pegagan perlu dilanjutkan atau dihentikan.

Untuk pengobatan di luar tubuh seperti perlukaan cukup dengan meremas-remas daun, lalu ditempelkan ke bagian yang sakit. Untuk pengobatan dalam, dibuat ekstrak atau dibuat minuman. Untuk menjaga kesehatan, cukup dipakai sebagai lalapan dengan cara direbus sebentar saja untuk mematikan miroorganisme yang berbahaya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *