Tips Mudah Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

tips-mudah-mencegah-penyakit-gagal-ginjal

Tips Mudah Mencegah Penyakit Gagal Ginjal – Seperti yang telah diketahui penyakit gagal ginjal tergolong sangat berbahaya dan dapat mengancam keselamatan jiwa Anda. Maka dari itu untuk meminimalisir resiko Anda terkena gagal ginjal maka ada baiknya melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.

Dilansir dari hellosehat.com, berdasarkan national kidney foundation, diperkirakan 1 dari 10 orang di dunia mengalami penyakit gagal ginjal kronis. Penyakit ini menempati urutan ke-18 sebagai penyakit yang paling banyak menimbulkan kematian di dunia. Bahkan di indonesia sendiri total biaya yang dikeluarkan BPJS untuk perawatan penyakit ginjal menduduki peringkat kedua terbesar setelah penyakit jantung.

Merawat dan menjaga kesehatan ginjal sejak dini agar tubuh kita tidak sampai terkena penyakit yang berbahaya adalah salah satu hal yang penting dilakukan. Nah, kami akan berbagi tips mudah cara mencegah gagal ginjal.

Tips Mudah Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

  • Minum air putih yang cukup

Setiap orang membutuhkan air sekitar 4-16 gelas per hari untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh mereka. Menurut salah satu ahli ginjal yang bernama James Simon, MD. Simon menyebutkan bahwa meminum air lebih dari kadar yang dianjurkan tidak akan menambah manfaat bagi ginjal kita karena kelebihan air akan dibuang oleh ginjal. Oleh karena itu minumlah cukup air putih untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah resiko penyakit gagal ginjal.

Selain itu, air mineral juga dapat membantu menstabilkan volume serta konsentrasi darah didalam tubuh manusia. kinerja sistem pencernaan dalam memproses asupan makanan yang masuk juga dapat terbantu. Bahkan apabila kita memenuhi jumlah minimal asupan air dalam seharinya dapat membuat tubuh mempunyai suhu yang normal.

  • Mengantur asupan konsumsi garam

Mengurangi atau mengatur kadar garam dalam tubuh dapat membantu kita mencegah munculnya penyakit diabetes, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lain yang secara tidak langsung menjadi penyebab munculnya penyakit ginjal. Anda disarankan untuk mengonsumsi garam sekitar 5-6 gram (kira-kira seukuran satu sendok teh) perhari. Kurangilah makanan instan atau makanan cepat saji yang banyak mengandung garam.

  • Memperhatikan asupan makanan yang sehat

Tubuh akan bereaksi terhadap apapun jenis makanan yang Anda konsumsi. Terutama jika Anda penggemar jungkfood dan beragam makanan cepat saji, hal itu justru akan membuat organ tubuh Anda mengalami kesulitan serta bekerja lebih keras dalam memproses makanan tersebut.

Dalam hal ini ginjal juga akan bekerja lebih keras dari biasanya dan memicu resiko gangguan fungsinya. Maka dari tru sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal. Contoh makanan yang dapat memperkuat ginjal yakni ikan, sereal dan peterseli. Sedangkan buah-buahan yang sangat baik bagi ginjal salah satunya adalah jeruk.

  • Menghindari kebiasaan merokok

Merokok dapat menghambat aliran darah yang masuk kedalam ginjal sehingga menyebabkan terhambatnya kinerja ginjal. Selain itu merokok juga dapat meningkatkan resiko darah tinggi dan juga kanker ginjal yang secara langsung juga akan menyebabkan gagal ginjal.

  • Berolahraga secara rutin dan teratur

Olahraga yang teratur dapat membantu dalam menstabilkan tekanan darah yang ada didalam tubuh serta mengurangi kegemukan, sehingga dapat membantu kita menghindari obesitas. Selain itu olahraga terbukti menjadi salah satu pencegahan paling efektif bagi penyakit gagal ginjal dan penyakit berbahaya lainnya.

  • Menghindari konsumsi alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran jika dalam jumlah banyak. Kadar elektrolit dalam tubuh akan mengalami ketidakseimbangan serta munculnya masalah hormonal yang berdampak pada kinerja ginjal.

  • Hindari kebiasaan menahan kencing

Kebiasaan menahan kencing tidak baik bagi kinerja ginjal, bahkan proses filterisasi darah yang dilakukan oleh ginjal dapat terhambat. Pada saat proses filterisasi berlangsung maka cairan urin yang berada didalam kandung kemih harus segera dibuang ketika melebihi jumlah penampungan cairan limbah.

Jika seseorang sudah merasakan gejala ingin buang air kecil, kandung kemih sebenarnya masih mampu menahan cairan dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Namun jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan membuat kandung kemih merenggang melebihi kapasitas tampungan urin. Dampak dari hal tersebut yakni terpengaruhnya proses filter darah ynag dilakukan oleh ginjal, dan berpotensi terkena gagal ginjal.

Demikian beberapa tips mudah mencegah penyakit gagal ginjal yang bisa Anda lakukan. Selain itu Anda juga perlu menjaga berat badan agar tetap ideal, mengontrol tekanan darah dan menjaga pola makan yang teratur. Hindari juga konsumsi obat-obatan kimia yang berlebihan.

Nah, kunci utama dari pencegahan ini sebenarnya adalah bagaimana niat kita sendiri. Jika kita melakukannya dengan komitmen maka proses perubahan gaya hidup sehat pun dapat berjalan optimal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *