Makanan Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan suatu kondisi ketika ginjal sudah tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Penyebabnya sendiri sangat beragam salah satunya adalah akibat mengonsumsi makanan tertentu secara berlebiha. Lalu apa saja makanan penyebab gagal ginjal yang sebaiknya kita hindari?

makanan-penyebab-gagal-ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia, yang berfungsi sebagai alat eksresi atau bertugas untuk mengeluarkan sisa penyaringan darah berupa urine. Namun apa yang terjadi jika ginjal mengalami gangguan dan tidak dapat berfungsi dengan baik lagi? Tentu hal ini akan sangat berbahaya dan dapat mengancam keselamatan nyawa Anda.

Agar kesehatan ginjal tetap terjaga, penting bagi kita untuk selalu merawatnya dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara selektif lagi dalam memilih asupan makanan dan minuman tertentu. Karena pasalnya ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kesehatan ginjal menjadi terganggu.

Makanan Penyebab Gagal Ginjal

1. Makanan dengan kandungan kalium tinggi

Bagi penderita gagal ginjal sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan tinggi kalium seperti pisang, jeruk, kentang, bayam dan tomat. Kalium memang memiliki fungsi penting bagi tubuh salah satunya bagi pencegahan batu ginjal. Namun ternyata konsumsi makanan yang mengandung kalium secara berlebiha justru malah akan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal dan memicu terjadinya gagal ginjal.

2. Garam

Garam memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Meskipun dibutuhkan tubuh, kelebihan kalsium juga dapat memperberat kinerja ginjal. Hal ini disebabkan karena kandungan kalsium berlebih akan dibuang oleh tubuh. Akibatnya ginjal sebagai organ eksresi akan bekerja lebih berat dalam proses pembuangan tersebut.

3. Makanan olahan dengan garam tambahan

Natrium dalam garam dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh sehingga jumlah asupan makanan yang mengandung natrium harus dibatasi. Makanan dengan olahan garam tambahan yang harus dihindari yaitu makanan beku, sup kalengan, makanan cepat saji, cemilan asin, sayuran kaleng, dan keju olahan.

4. Coklat

Ternyata terlalu banyak mengonsumsi coklat bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan ginjal. Selain terdapat kalium tinggi, didalam coklat juga terkandung yang namanya kafein yang dapat meningkatkan resiko terganggunya fungsi ginjal.

5. Salad

Salad merupakan makanan yang terdiri atas sayuran sebagai campuran utamanya. Meski terlihat menyehatkan bagi tubuh, tetapi sayuran yang berwarna hijau sebenarnya berbahay bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan rutin. Hal itu karena adanya kandungan oksalat yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan ginjal kesulitan untuk mengurainya ketika terjadi pembuangan.

Selain salad Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi daun sawi yang biasanya ada pada mie ayam ataupun mie instan. Sawi adalah salah satu sayuran yang memiliki oksalat dalam jumlah tinggi.

6. Daging

Daging banyak mengandung protein hewani yang bisa menyebabkan adanya pembentukan batu ginjal atau kerusakan ginjal lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Resiko untuk terkena gagal ginjal bahkan bisa mencapai 30-50% jika kita kurang cermat dalam menyiasati pengonsumsian jenis makanan ini.

Hal ini dikarenakan asupan protein yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan timbulnya tekanan pada ginjal, karena limbah dari zat protein tergolong sulit untuk dibuang.

7. Produk olahan susu

Susu mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi, dan kandungan kalsiu, berlebih tidak baik bagi kesehatan ginjal. Sebaiknya hindari produk olahan susu seperti keju, roti susu dan eskrim.

8. Makanan dengan kandungan fosfor

Fosfor merupakan salah satu mineral yang banyak ditemukan pada makanan seperti susu, keju, kacang kering, kacang-kacangan, coklat, bit, cola, dan selai kacang. Kelebihan jumlah fosfor dalam darah penderita gagal ginjal dapat melemahkan tulang dan menyebabkan kulit gatal-gatal.

9. Sarden

Sejumlah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi sarden dalam jumlah banyak akan menyebabkan kesulitan fungsi ginjal. Hal ini disebabkan sarden memiliki kandungan purin yang tinggi, dimana akan menjadi faktor pemicu terjadinya gagal ginjal.

10. Makanan dengan kandungan purin tinggi

Zat purin merupakan salah satu bentuk senyawa alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan. purin bisa terbentuk dari makanan hewani maupun nabati. Selain menyebabkan penyakit asam urat, purin juga dapat menganggu kesehatan organ ginjal yaitu terbentuknya batu asam urat. Contoh makanan dengan kandungan purin tinggi yaitu ikan anchovy, jeroan, hari sapi, kuah kambing.

11. Nasi dan kentang

Nasi dan kentang merupakan sumber karbohidrat yang tinggi dimana sama-sama penghasil gula. Nasi yang dikonsumsi berlebihan tanpa ada makanan sehat lain dan air putih yang mengimbanginya maka mampu menyebabkan sakit ginjal.

Sedangkan kentang kaya akan kalori dan protein yang jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menjadikan ginjal bermasalah dan mengalami penurunan fungsi. Bila tak dibarengi dengan konsumsi air putih cukup, efek kentang ini bisa berimbas pada gagal ginjal.

12. Sereal

Sereal adalah makanan yang terbuat dari gandum dan gandum merupakan jenis makanan yang sayangnya tak mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan seratnya memang sangat tinggi sehingga termasuk sebagai makanan yang menyehatkan namun jika terlalu banyak mengonsumsinya tanpa asupan air putih yang cukup, ginjal bisa terganggu.

13. Gorengan

Gorengan mampu menaikan kadar kolesterol dalam darah, sebetulnya kandungan minyak berlebih dari gorengan juga bisa menyebabkan keracunan asam pada tubuh. Hal tersebut berpotensi terjadi gagal ginjal karena ginjal seakan memberikan penolakan untuk mencernanya.

Itulah beberapa daftar makanan penyebab gagal ginjal yang sebaiknya kita hindari jika kita tidak ingin terkena resiko bahayanya. Adapun minuman penyebab gagal ginjal lainnya yaitu :

  • Minuman yang mengandung soda
  • Minuman berkafein seperti kopi
  • Teh
  • Minuman berenergi
  • Minuman coklat
  • Minuman yang mengandung pemanis buatan
  • Minuman berpengawet
  • Minuman beralkohol

Nah, dengan menghindari beberapa makanan dan minuman yang menjadi penyebab gagal ginjal, maka resiko Anda terkena penyakit gagal ginjalpun akan terminimalisir.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *