Jenis Olahraga Untuk Menyehatkan Ginjal

jenis-olahraga-untuk-menyehatkan-ginjal

Olahraga merupakan salah satu kegiatan fisik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ ginjal. Ada beberapa jenis olahraga untuk menyehatkan ginjal yang bisa Anda lakukan secara teratur dan rutin.

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Fungsi ginjal yang utama adalah membentuk urin untuk mengeluarkan zat-zat racun tersebut dar tubuh kita. Zat beracun itu merupakan sampah sisa hasil metabolisme tubuh yang tidak terpakai dan dikeluarkan dalam bentuk urin.

Fungsi ginjal lainnya yaitu menyaring dan mengatur volume darah, mengatur keseimbangan kandungan kimia darah, dan penghasil hormon. Mengingat pentingnya fungsi ginjal, maka organ ini pun rentan mengalami gangguan. Terlebih jika tidak bisa menjaga gaya hidup atau kebiasaan yang sehat, maka resiko penyakit ginjal pun dapat rentan terjadi.

Nah, untuk menjaga fungsi ginjal agar tetap baik , sebaiknya lakukan beberapa jenis olahraga untuk menyehatkan ginjal berikut.

Jenis Olahraga Untuk Menyehatkan Ginjal

  • Jalan kaki

Jalan kaki adalah olaharaga ringan yang biasa kita lakukan. Berjalan akan menggerakkan otot-otot tubuh secara berulang-ulang dan enaknya bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di luar rumah. Para ahli kesehatan menyebut rata-rata orang harus berjalan selama 30 menit setiap hari. Mengingat sehari terdapat 24 jam maka berjalan selama 30 menit tentulah bisa dilakukan dengan mudah.

  • Mengepel

Aktifitas rumah yang lebih sering dilakukan oleh wanita ini ternyata bisa bermanfaat untuk membantu menyembuhkan sakit ginjal. Namun kegiatan yang satu ini lebih efektif untuk menyembuhkan seorang ibu untuk terhindar dari penyakit ginjal baik karena pola makan yang tidak teratur maupun jam kerja yang cukup padat.

  • Jogging

Olahraga untuk menjaga kesehatan ginjal yang lainnya adalah jogging selain murah dan mudah, juga mengeluarkan keringat yang lebih banyak dalam waktu yang singkat. Tidak perlu lari dengan kecepatan penuh cukup tapi berlari pelan dengan kecepatan stabil. Pada umumnya orang akan disarakan untuk melakukan jogging sebanyak 30 menit perharinya.

  • Brisk Walking

Olahraga yang satu ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari olahraga berjalan kaki, perbedaanya adalah brisk walking berjalan dengan langkah yang lebih lebar dan cepat. Olahraga yang satu ini lebih menyehatkan dan tidak melelahkan seperti halnya berlari atau jogging. Anda bisa melakukan brisk walking selama 1 jam setiap harinya.

  • Skipping

Jenis olahraga yang lainnya adalah skipping, keringat yang dihasilkan dengan melakukan skipping juga lebih cepat terlebih jika Anda rutin melakukannya. Untuk hasil yang lebih optimal Anda bisa mencoba 10-15 menit secara rutin.

  • Zumba

Merupakan jenis olahraga yang menuntut pergerakan aktif dari orang yang memainkannya dan Anda tidak bisa berhenti jika zumba sudah dimulai. Hasil yang didapatkan juga lebih banyak dan tentunya ini sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan ginjal.

  • Bersepeda

Anda bisa melakukan bersepeda dengan rutin setiap hari selama 1,5 jam, hal ini akan mengurangi resiko penyakit ginjal sampai 15%, dan disarankan bersepeda pada sore hari.

Itulah beberapa jenis olahraga untuk menyehatkan ginjal yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Lakukanlah kebiasaan olahraga selama setiap 30 menit setiap sesi minimal 3 hari dalam seminggu tapi tidak berturut-turut, misalnya hari senin, rabu dan jumat untuk mendapatkan hasil yang optimal bagi kesehatan tubuh Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *